Unik, Begini Desain Penangkaran Penyu di UEA

    Rizkie Fauzian - 05 Mei 2021 17:15 WIB
    Unik, Begini Desain Penangkaran Penyu di UEA
    Desain unik tempat penangkaran penyu di Uni Emirat Arab. Foto: Mark Goodwin.



    Sharjah: Penangkaran penyu jenis Olive Ridley dibangun di pantai timur Sharjah, Uni Emirat Arab. Penyu jenis Olive Ridley tersebut baru ditemukan di kawasan Khor Kalba, sebuah cagar alam di dekat Kingfesher Inn.

    Dibangun untuk Sharjah's Environmental Protected Areas Authority, penangkaran tersebut bakal menjadi tempat suaka margasatwa hewan sekaligus cagar alam lainnya yang ditemukan di Khor Kalba.
    Unik, Begini Desain Penangkaran Penyu di UEA
    Studio arsitektur Hopkins membangun penangkaran menyerupai bilik kamar atau pod. Serangkaian pod prefabrikasi tersebut dibuat saling terhubung yang terletak di Samudera Hindia dan hutan bakau yang lebat.

     



    "Lokasi dan desain tidak dapat dipisahkan karena proyek ini didedikasikan untuk melestarikan kawasannya dan juga satwa liarnya," kata kepala Hopkins Architects Simon Fraser dikutip Dezeen.
    Unik, Begini Desain Penangkaran Penyu di UEA
    Proyek ini digunakan untuk melestarikan kawasan dan satwa lainnya termasuk penyu. Tak hanya itu, tempat penangkaran ini juga  mengajarkan kepada pengunjung untuk menjaga lingkungan dan satwa.

    "Tantangannya sebenarnya adalah bagaimana melestarikan kawasan itu sendiri dan menciptakan bangunan yang sesuai dengan kawasan tersebut," jelasnya.
    Unik, Begini Desain Penangkaran Penyu di UEA
    Terdapat tujuh bangunan berbentuk pod bulat prefabrikasi yang saling terhubung. Desainnya yang sederhana dibuat agar menyatu dengan kondisi di sekitar sehingga tak mengganggu aktivitas apapun.

    "Konsep inti kami adalah menciptakan serangkaian bentuk bulat yang menyentuh tanah dengan ringan dan memiliki dampak minimal pada cakrawala," jelas Fraser.
    Unik, Begini Desain Penangkaran Penyu di UEA
    Setiap pod memiliki ukuran dan fungsi yang berbeda. Dua pod akan berisi ruang pameran, satunya digunakan untuk memperlihatkan kehidupan laut dan satu lagi untuk satwa liar.

    Pod lainnya digunakan sebagai kantor dan toilet, sedangkan pod terakhir akan berisi toko suvenir dan kafe dengan pemandangan taman untuk para pengunjung.
    Unik, Begini Desain Penangkaran Penyu di UEA
    Tempat perlindungan penyu ini dibuat dari beton pracetak yang dibuat dari agregat yang bersumber dari kawasan tersebut. 

    "Kami membutuhkan sesuatu yang jauh lebih tahan lama untuk menahan lingkungan pesisir yang agresif, jadi kami menggunakan lapisan pracetak dengan agregat putih yang dicampur dengan bahan lainnya," katanya.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id