Desain Megah Stadion Sepak Bola di Tiongkok

    Rizkie Fauzian - 24 Agustus 2020 23:06 WIB
    Desain Megah Stadion Sepak Bola di Tiongkok
    Stadion tempat penyelenggaraan AFC Asian Cup 2023. Visual by Atchain
    Xi'an: Zaha Hadid Architects merancang stadion Xi'an International Football Centre dengan megah. Stadion yang menampung 60 ribu penonton tersebut bakal dibangun di kawasan bisnis Fengdong, Xi'an, Tiongkok.
    Desain Megah Stadion Sepak Bola di Tiongkok
    Visual by Atchain

    Xi'an International Football Centre digunakan sebagai tempat penyelenggaraan AFC Asian Cup pada 2023. Setelah acara berakhir, stadion akan digunakan untuk pertandingan liga nasional maupun internasional.

    Xi'an International Football Centre juga bakal dijadikan sebagai tempat pelatihan, pertunjukan, dan acara budaya lainnya. Di stadion juga dibangun fasilitas makan dan hiburan.
    Desain Megah Stadion Sepak Bola di Tiongkok
    Visual by Atchain

    Dibangun di kota tertua di Tiongkok, rancangan stadion dibuat dengan konsep "legacy mode of operations" yang artinya tetap melayani meski gelaran AFC Asian Cup telah berakhir.

    "Xi'an akan memiliki sejarah panjang dalam menyambut penonton bola dari seluruh dunia. Setelah berakhir, stadion ini akan menjadi warisan abadi baru bagi masyarakat, fasilitas olahraga dan juga tempat rekreasi," kata jelas Zaha Hadid Architects.
    Desain Megah Stadion Sepak Bola di Tiongkok
    Visual by Atchain

    Berada di distrik bisnis yang ramai, stadion ini bakal memiliki fasad yang terbuka. Struktur seperti ini diyakini dapat mengundang masyarakat untuk menikmati ruang publik, fasilitas rekreasi dan area makan sekaligus.

    Balkon dirancang sebagai "teras taman" yang terlindung dengan atap menjorok. Hal ini untuk melindungi dari iklim musim dan panas. Balkon tersebut juga dapat digunakan pengunjung untuk melihat pemandangan gunung Qing. Area lainnya akan terdiri dari kolom raksasa.
    Desain Megah Stadion Sepak Bola di Tiongkok
    Visual by Atchain

    Di dalam, Xi'an International Football Centre akan memiliki tempat duduk berbentuk pelana yang khas. Desain ini yang dikembangkan oleh Zaha Hadid Architects untuk memaksimalkan pandangan penonton ke lapangan saat ada pertandingan.

    Semua tempat duduk akan dilindungi oleh atap tembus pandang yang akan dibuka di tengahnya. Hal ini untuk memastikan ada banyak cahaya alami dan mendorong pertumbuhan rumput di lapangan.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id