Ultah ke-350, Sumitomo Dirikan 'Kado' Tertinggi di Dunia

    Rizkie Fauzian - 26 Februari 2018 13:07 WIB
    Ultah ke-350, Sumitomo Dirikan 'Kado' Tertinggi di Dunia
    W350 akan diselimuti tanaman merambat hingga ke atap. (all photos: Sumitomo Foresty)



    Tokyo: Seiring kampanye kelestarian alam dan hutan sebagai paru-paru bumi, kayu bukan lagi pilihan utama untuk bahan bangunan. Bila ada kayu tertentu yang dikenal awet dan kuat dipasarkan, harganya amat sangat tinggi.

    Namun bagi Sumitomo Forestry Co. harga yang tinggi tersebut bukanlah masalah. Perusahaan raksasa produk-produk kehutanan ini tengah mengembangkan secara serius desain gedung perkantoran yang mayoritas bahan baku kontruksi mayoritas kayu dan sedikit baja dengan tanaman sebagai selimutnya.

     



    Gedung yang akan didirikan di Tokyo ini bukan gedung biasa. Ketinggiannya yang mencapai 350 meter akan menjadikan gedung bernama W350 ini sebagai tertinggi di Jepang. Bahkan untuk kategori gedung berbahan baku utama kayu, W350 adalah tertinggi di dunia.

    Ultah ke-350, Sumitomo Dirikan 'Kado' Tertinggi di Dunia

    "Kami mencari peluang penggunaan kayu yang sesuai dengan teknologi masa depan. Seperti pengembangan metode bangunan dan teknologi ramah lingkungan," kata pejabat Tsukuba Research Institute, lembaga riset yang digandeng Sumitomo dalam proyek ambisius ini.

    Biro arsitektur Nikken Sekkei ditunjuk merancang agar gedung setinggi 350 meter itu agar mampu beradaptasi dengan tingginya aktivitas seismik Jepang. Tak satu dua kali gempa mengguncang Jepang dan membawa dampak fatal.

    Dikutip dari cnbc.com biaya pembangunan gedung tersebut diperkirakan Y 600 miliar atau Rp 75,3 triliun (kurs Rp 125,5 per yen). Boleh jadi dana yang dibutuhkan kurang dari itu dengan memanfaatkan teknologi baru dalam pengolahan kayu dan bangunan.

    Struktur interior yang seluas 455 ribu meter persegi seluruhnya akan terbuat dari kayu. Volume kayu sebesar 185 ribu meter kubik dibutuhkan untuk melengkapi keseluruhan struktur bangunan. Bisa dibanyangkan berapa banyak pohon yang akan ditebang.

    Ultah ke-350, Sumitomo Dirikan 'Kado' Tertinggi di Dunia

    Proyek dijadwalkan selesai pada 2041, pada tahun itu Sumitomo akan berusia 350 tahun dan gedung W350 adalah 'kado' istimewanya.

    Apakah gara-gara niat membuat kado ulang tahun saja Sumitomo berniat membangun gedung kayu tertinggi di dunia? Apakah karena bisnisnya adalah kayu maka Sumitomo abai terhadap kelestarian hutan?

    Ternyata tidak. Sumitomo melihat ada masalah serius dengan kondisi kesehatan hutan di Jepang yang luasnya mencapai 2/3 luas negara tersebut. Sebagian besar hutan ini adalah hutan pohon cedar dan cemara yang ditanam setelah berakhirnya Perang Dunia II.

    "Mereka ditinggalkan dalam keadaan tidak terpelihara, ehancuran hutan domestik kita berlanjut. Sangat penting menggunakan pohon-pohon ini dan menanaminya kembali untuk mendorong keberlanjutan hutan," jelas Sumitomo.

     

    (LHE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id