Hotel Turki Dibangun di Bawah Situs Purbakala

    Rizkie Fauzian - 25 Maret 2020 17:14 WIB
    Hotel Turki Dibangun di Bawah Situs Purbakala
    Hotel yang dibangun di atas situs arkeolog berusia ribuan tahun. Foto: Museum Hotel Antakya
    Antakya: Sebuah hotel mewah berada di wilayah Antakya, Turki. Uniknya, hotel tersebut dibangun di atas situs arkeologi purbakala.

    Museum Hotel Antakya terletak dekat dengan Gereja Saint Peter di gunung Starius. Hotel unik tersebut dibangun dengan dana USD120 juta atau Rp1,9 triliun (kurs Rp16.212).

    Penemuan

    Pada 2009, Asfuro?lu Group berencana membangun proyek perhotelan mewah. Namun ketika dilakukan penggalian, pekerjanya menemukan situs purbakala berusia 2.300 tahun.

    Penemuan tersebut menjadi yang terbesar di Turki sejak 1930-an. Sebanyak 200 orang tim dikerahkan, termasuk 35 arkeolog dan lima petugas restorasi.
    Hotel Turki Dibangun di Bawah Situs Purbakala
    Foto: Museum Hotel Antakya

    Proses penggalian memakan waktu hingga 18 bulan. Hasilnya, ditemukan mozaik lantai dan patung marmer dewa Yunani, Eros berbentuk utuh.

    Tak hanya itu, ada 35 ribu artefak lainnya yang berasal dari abad ke-3 SM dan 13 peradaban yang berbeda. Meski demikian, proyek hotel tetap berjalan dengan mempertahankan situs.

    "Rencana awal sebelum penggalian akan dibangun hotel 400 kamar, tetapi setelah penemuan itu tidak mungkin dilakukan,” kata CEO Divisi Hotel dan Pariwisata Asfuro?lu Group Sabiha Asfuro?lu Abbaso?lu dikutip Architectural Digest.

    Pembangunan

    Emre Arolat Architects, firma arsitektur asal Istanbul  dipercaya untuk merancang Museum Hotel Antakya. Untuk menghormati situs purbakala, struktur hotel dibangun 'melayang'.

    Saat proses pembangunan, tak hanya arsitek namun arkeolog diikutsertakan agar bangunan baru tidak merusak artefak yang ada di bawahnya.
    Hotel Turki Dibangun di Bawah Situs Purbakala
    Foto: Museum Hotel Antakya

    Hotel ini juga dilengkapi dengan highly efficient passive ventilation system serta glass protective wall yang didesain menjaga situs arkeologi dari terpaan angin dan debu.

    Lantai dasar hotel empat tingkat ini dibuat dengan open-air museum sehingga pengunjung dapat menikmati artefak dari jarak dekat.
    Hotel Turki Dibangun di Bawah Situs Purbakala
    Foto: Museum Hotel Antakya

    Sementara itu, di lantai dua terdapat lobby dan restoran yang memiliki pemandangan situs arkeologi. Kemudian di lantai tiga terdapat kamar hotel yang dibuat menggunakan model prefab.

    Di lantai empat tersedia ballroom, spa, dan meeting room yang didesain seperti pavilion dengan courtyard sehingga dapat menjadi ruang publik.

    Meski pembangunannya membutuhkan waktu hingga 10 tahun, namun hasilnya tetap sepadan. Museum Hotel Antakya menjadi salah satu kantor mewah.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id