Gedung Teater ala Tenda Sirkus yang Kuat Tahan Topan

    Rizkie Fauzian - 22 Agustus 2019 15:12 WIB
    Gedung Teater ala Tenda Sirkus yang Kuat Tahan Topan
    Chimelong Theatre yang dirancang menyerupai tenda sirkus. (Foto: Chimelong Theatre)
    Zhuhai: Chimelong Theatre yang berlokasi di Pulau Hengqin, Zhuhai, Tiongkok, memiliki desain unik. Bangunan teater itu dirancang menyerupai tenda sirkus tradisional.

    Stufish Entertainment Architects merancang Chimelong Theatre untuk menggantikan Chimelong Hengqin International Circus City yang rusak parah akibat bencana angin topan pada 2016.

    Fasadnya berbentuk tenda sirkus yang khas dengan tirai lipat, namun strukturnya permanen sehingga mampu menahan angin topan. Warna-warna cerah dipilih seperti kuning, merah, biru dan hijau.
    Gedung Teater ala Tenda Sirkus yang Kuat Tahan Topan
    (Foto: Chimelong Theatre)
    "Tenda sirkus adalah ekspresi historis yang ikonik, yang secara universal menandakan jenis pertunjukan di dalam," kata arsitek Stufish Maciej Woroniecki dikutip Dezeen.

    Stufish merancang teater dengan konsep sirkus modern yang mampu menahan cuaca ekstrem wilayah tersebut namun tetap mempertahankan bentuk tendanya yang ikonik. 

    Ukuran dan bentuk teater ditentukan oleh kebutuhan saat pertunjukan teater, namun tetap memenuhi peraturan keselamatan kebakaran. Fasadnya dibuat besar dan panjang untuk menampung tangga yang besar.
    Gedung Teater ala Tenda Sirkus yang Kuat Tahan Topan
    (Foto: Chimelong Theatre)
    "Ini adalah teater pertama yang diselesaikan Stufish di mana penonton masuk dari lantai dasar tetapi kemudian keluar ke tingkat yang lebih tinggi," tambah Woroniecki.

    Gedung teater ini menampung 6.700 orang. Desain setiap ruang dibuat lebih tinggi. Plaza dihiasi dengan pola dan motif bertema sirkus dalam balutan warna biru dan merah, serta fasad emas terang teater. 
    Gedung Teater ala Tenda Sirkus yang Kuat Tahan Topan
    (Foto: Chimelong Theatre)
    Tiga warna berani dipilih oleh Stufish sebagai nuansa yang mewakili teater sirkus. Emas dipilih sebagai warna utama untuk fasad karena itu yang paling tidak mendominasi.

    Stufish Entertainment Architects adalah studio desain dengan kantor di London dan Hong Kong. Teater Chimelong adalah salah satu dari banyak proyek permanen yang dirancang oleh studio, termasuk Teater Han Show di Wuhan.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id