Rumah Dome yang Ramah Lingkungan

    Intan Yunelia - 17 Maret 2020 19:35 WIB
    Rumah Dome yang Ramah Lingkungan
    Rumah dome yang dibangun menggunakan material ramah lingkungan. Foto: Steveareen
    Thailand: Bahan material dengan konsep ramah lingkungan banyak diaplikasikan untuk hunian di beberapa negara. Langkah tersebut dianggap lebih efisien untuk mengurangi polusi dan perubahan iklim yang terjadi saat ini.

    Di dunia konstruksi, beberapa bahan material yang sering digunakan untuk hunian antara lain, busa beton (foamcrete), beton kertas (papercrete), batu bata dari bahan serat ganja (hemcrete) dan beton ringan (Aircrete).
    Rumah Dome yang Ramah Lingkungan
    Foto: Steveareen

    Beton ringan menjadi pilihan konstruksi hunian karena dinilai lebih murah, ringan tapi kuat, tahan air dan api, awet, mudah dibentuk dan sangat ramah untuk lingkungan. Beton ringan juga dianggap sangat cocok untuk membuat pondasi, subfloor, dinding, dan lengkungan kubah.
    Rumah Dome yang Ramah Lingkungan
    Foto: Steveareen

    Salah seorang petualang, fotografer dan musisi, Steve Areen membangun rumah kubah atau dome dengan bahan beton ringan. Selain lebih mudah, biaya yang dikeluarkan untuk membangun rumah dome juga murah sekira USD9 ribu atau Rp135 juta (Rp15.077).
    Rumah Dome yang Ramah Lingkungan
    Foto: Steveareen

    "Pada 2011 teman saya Hajjar Gibran mengilhami saya dengan ide kreatifnya. Dia dan istrinya membangun dome di pusat retretnya di timur laut Thailand. Akhirnya saya memiliki rumah kubah dalam enam minggu," katanya dikutip Boredpanda.
    Rumah Dome yang Ramah Lingkungan
    Foto: Steveareen

    Biaya untuk pembuatan struktur dasar, seperti pintu, dinding, lantai atas, dan lansekap menghabiskan dana Rp90 jutaan. Sisanya Rp45 juta untuk perabotan dan pipa ledeng ke sumur.
    Rumah Dome yang Ramah Lingkungan
    Foto: Steveareen

    Meski fasadnya menyerupai dome, namun hunian ini memiliki semua yang dibutuhkan tempat tinggal. Dome ini juga memiliki udara yang sejuk karena memiliki jendela dan lubang di langit-langit. Selain itu, bahan beton membuat hunian menjadi dingin meski musim panas.

    Beton juga mudah dibentuk sehingga cocok diaplikasikan ke hunian dengan bentuk unik seperti dome. Fasadnya melengkung, jendela bundar, dan pintu berbentuk oval yang membuat Anda merasa seperti hidup dalam dongeng atau berada di rumah The Hobbit.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id