profile
 
    Tjahjo Kumolo

    Tjahjo Kumolo

    Pejabat

    Tanggal lahir: 1 Desember 1957.

    Tempat lahir: Surakarta, Jawa Tengah.

    Tjahjo Kumolo menjabat Menteri Dalam Negeri Kabinet Kerja sejak 27 Oktober 2014. Ia dikenal sebagai tokoh yang punya pengalaman panjang di dunia perpolitikan nasional.


    Pria kelahiran Surakarta ini meraih gelar sarjana di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, pada 1985. Ia pun pernah mengenyam pendidikan di Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas), Jakarta (1994).


    Karier politik Tjahjo dimulai dengan bergabung sebagai anggota partai penguasa di era orde baru, Golongan Karya (Golkar). Ia pernah menjadi anggota parlemen dari Golkar. Tjahjo terpilih sebagai anggota legislatif dari Golkar di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 1987-1992.


    Setelah Indonesia memasuki era reformasi, Tjahjo pun beralih ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang mempelopori gerakan politik oposisi terhadap rezim pemerintahan orde baru. Ia pun kemudian dipercaya sebagai Wakil Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPR RI periode 1999-2002.

     

    Ia kembali terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2009–2014 dari PDI-P dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI serta anggota Komisi I yang melakukan pengawasan dan kemitraan dengan pemerintah di bidang pertahanan, luar negeri, dan informasi.

     

    Tjahjo Kumolo secara mengejutkan dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jendral DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015. Pada periode kepengurusan sebelumnya di partai berlambang banteng kekar itu, Tjahjo menjabat sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI-P.

     

    Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari Medcom.id

    Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id