profile
 
    Sri Bintang Pamungkas

    Sri Bintang Pamungkas

    Politikus

    Tempat Lahir: Tulungagung, Jawa Timur

    Tanggal Lahir:  25 Juni 1945
    Sri Bintang merupakan pendiri Partai Uni Demokrasi Indonesia (PUDI). Ia dikenal sebagai aktivis perlawanan jelang ambruknya rezim Orde Baru (Orba). Akibat tuduhan serupa, pria kelahiran 25 Juni 1945 itu pun pernah diseret Presiden Soeharto ke jeruji besi.
     
    Sri Bintang lahir dari keluarga sederhana. Ayahnya, Moenadji Soerjohadikoesoemo, dikenal sebagai hakim. Pada 1964, Sri Bintang lulus dari SMA Negeri I, Surakarta, Jawa Tengah. Lantas, ia melanjutkan studi ke Universitas Southern Carolina, Amerika Serikat (AS) hingga 1979. Dari kampus itu, Sri Bintang berhasil menyandang gelar master Master of Science in Industrial System Engineerin (MSISE). Pada 1984, minatnya dalam pendidikan diteruskan ke bidang  ekonomi. Atas bantuan Georgia Institute of Technology ia menyabet gelar doktor di Iowa State University, AS.
     
    Sebelum berinisiatif mendirikan PUDI pada 29 Mei 1996, Sri Bintang sempat menyalurkan hasrat politiknya melalui Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Merasa tak puas, Sri Bintang menyatakan hengkang dari partai yang dimasukinya pada 1993 itu dan lebih tertarik membuat kendaraan politik sendiri.
     
    PUDI besutan Sri Bintang pernah menjadi peserta di pemilihan umum tahun 1999. Dengan nomor urut 36, partai ini cuma mendapatkan 140.980 suara atau 0,13% dari keseluruhan suara yang ada. PUDI tidak mendapatkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI).
     
    Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari Medcom.id

    Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id