profile
 
    Sofyan Basir

    Sofyan Basir

    Pejabat

    Tempat lahir: Bogor
    Tanggal lahir: 2 Mei 1958

    Sofyan Basir lama malang melintang di bisnis perbankan. Ia memulai karier perbankannya di Bank Duta pada 1981 pada usia yang relatif muda, 23 tahun. Lima tahun kemudian ia pindah ke Bank Bukopin. Sejumlah jabatan manajerial sudah ia lakoni, termasuk direktur komersial, group head line of business, dan pemimpin cabang di sejumlah kota besar di Indonesia.

    Atas segala pengalaman itu, Sofyan lantas dipercaya menjadi direktur utama Bank Bukopin. Pada 17 Mei 2005 Sofyan mendapat kepercayaan menjadi direktur utama Bank Rakyat Indonesia (BRI). Sepuluh tahun ia dipercaya di tampuk pimpinan bank pelat merah dengan jaringan terluas di Indonesia ini.

    Sejak 2014 Sofyan dipercaya menjadi direktur utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggantikan Nur Pamudji. Di tahun pertama ia menjabat, perusahaan setrum negara ini mencatatkan laba bersih sebesar Rp15,6 triliun atau naik 11 persen. Laba terdongkrak karena efisiensi biaya usaha dan meningkatnya pendapatan. Padahal, saat itu negara memangkas subsidi hingga Rp42,8 triliun.

    Pada Selasa, 23 April 2019, Sofyan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap pembangunan proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Riau-1 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK menduga Sofyan menerima suap dari Johannes Budisutrisno Kotjo, pemegang saham Blackgold Natural Resource. Suap diberikan untuk memperlancar perjanjian kerja sama Blackgold dalam menggarap proyek PLTU Riau-1.
    Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari Medcom.id

    Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id