profile
 
    Sigit Priadi Pramudito

    Sigit Priadi Pramudito

    Tempat lahir: Purwokerto, Jawa Tengah

    Tanggal lahir: 17 September 1959

    Sigit Priadi Pramudito berkutat selama 28 tahun di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini telah mengemban amanah menjadi Dirjen Pajak selama nyaris satu tahun.

     

    Sigit resmi dilantik menjadi Dirjen Pajak pada Jumat, 6 Februari. Pria yang lahir di Purwokerto pada 17 September 1959 tersebut menyelesaikan studi S1 Teknik Geodesi dari Institut Teknologi Bandung pada 1986.

     

    Sigit menyelesaikan master ekonominya di Syracuse University pada tahun 1993 dengan gelar Master of Arts in Economics. Dia melaksanakan tugas pertamanya di Kemenkeu sebagai Penata Muda pada 1987.

     

    Ia pun pernah menjabat sebagai Direktur Teknologi Informasi Perpajakan Direktorat Jenderal Pajak pada 2006 dan 2007, berlanjut dengan jabatan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Banten pada 2010.

     

    Setelah itu, Sigit diangkat menjadi Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Wajib Pajak Besar pada 2011. Kemudian barulah dilantik sebagai Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan pada 6 Februari 2015.

     

    Ia mengundurkan diri dari jabatannya karena merasa tidak bisa memenuhi target pajak yang ditetapkan pemerintah. Amanah pemerintah kepada Sigit adalah mengumpulkan penerimaan yang ditargetkan dalam APBNP 2015 sebesar Rp1.244,7 triliun, namun realisasinya hingga awal November lalu masih sebesar 58,7 persen atau Rp730,7 triliun. Artinya, hingga akhir tahun akan ada kekurangan penerimaan pajak (shortfall) yang besar dan ditaksir mencapai Rp400-an triliun.

    Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari Medcom.id

    Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id