profile
 
    Joko Widodo

    Joko Widodo

    Pejabat

    Tanggal lahir  : 21 Juni 1961
    Tempat  lahir  : Surakarta
    Karier              :
    - Wali Kota Solo, 28 Juli 2005 - 1 Oktober 2012
    - Gubernur DKI Jakarta, 15 Oktober 2012 - 16 Oktober 2014

    Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi adalah Presiden ke-7 Indonesia yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Ia terpilih bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dalam Pemilu Presiden 2014. 


    Jokowi pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sejak 15 Oktober 2012 hingga 16 Oktober 2014 didampingi Basuki Tjahaja Purnama sebagai wakil gubernur, dan Wali Kota Surakarta (Solo) sejak 28 Juli 2005 sampai 1 Oktober 2012 didampingi F.X. Hadi Rudyatmo sebagai wakil wali kota. Dua tahun sementara menjalani periode keduanya di Solo, Jokowi ditunjuk oleh partainya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk memasuki pemilihan Gubernur DKI Jakarta bersama dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

     

    Jokowi populer setelah dia menolak rencana Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo yang ingin membangun mal di atas  lahan bekas pabrik es Saripetojo di Kota Solo. Kontroversi yang mencuat pada 2011 itu terjadi ketika Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Namanya semakin sering disebut-sebut media setelah memperkenalkan mobil Esemka, karya siswa SMK Negeri 2 Surakarta pada 2012.

     

    Sebelum terjun ke politik bersama  PDIP, Jokowi adalah pengusaha mebel. Kepemimpinannya di Solo dianggap cemerlang. Dia pun merambah ibu kota untuk bertarung dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012. Berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama sebagai wakilnya, ia terpilih untuk memimpin DKI Jakarta untuk periode 2012-2017.

     

     

    Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari Medcom.id

    Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id