profile
 
    Emron Pangkapi

    Emron Pangkapi

    Politikus

    Tanggal lahir :  26 Juni 1957
    Tempat lahir  : Bangka Belitung

    Nama Emron Pangkapi muncul di berbagai media setelah Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suryadharma Ali muncul berpidato di kampanye Partai Gerindra di Stadion Utama Gelora Bung Karno 23 Maret 2014.

    Pria asal Pangkalpinang Kepulauan Bangka Belitung ini terang-terangan memprotes Suryadharma Ali. Emron menilai ketua umumnya itu sudah menyalahi konstitusi partai.

    Emron adalah wakil ketua umum DPP PPP sejak 2011. Emron juga tercatat sebagai ketua dewan penasihat Lembaga Adat Melayu Bangka Belitung.

    Pada Pemilu 2009, Emron juga nimbrung dalam konflik PPP yang saat itu perolehan suaranya anjlok. Dia menuding Ketua Majelis Pertimbangan PPP saat itu, Bachtiar Chamsyah setengah hati dalam berkampanye. Bachtiar sendiri kala itu adalah menteri sosial.

    Di tengah panas suhu politik internal partai, Emron ditangkap tim satuan khusus Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Negeri Sungai Liat, Bangka Belitung. Penangkapan dilakukan usai Rapimnas di Hotel Novotel Bogor, Sabtu 25 April 2009.

    Penangkapan itu terkait kasus korupsi penyalahgunaan Kredit Usaha Tani Jangkang Permai pada 1999 bernilai Rp714,12 juta. Kasus itu menyeretnya ke bui Lapas Sungailiat, Bangka, selama enam bulan. Emron bebas pada 24 Oktober 2009.

    Di PPP, Emron terkenal vokal. Selain mengkritik Bachtiar Chamsyah, ia juga menjadi salah satu otak penggulingan Hamzah Haz dari kursi ketua umum PPP pada 2007. Ketika itu Emron satu kubu dengan Suryadharma Ali.

    Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari Medcom.id

    Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id