profile
 
    Din Syamsuddin

    Din Syamsuddin

    Politikus

    Tempat lahir:  Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

    Tanggal lahir: 31 Agustus 1958.

    Prof. Dr. KH. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, MA, atau dikenal dengan Din Syamsuddin adalah seorang politisi dan cendekiawan muslim yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah.


    Din menempuh pendidikan mulai dari Pondok Modern Darussalam Gontor Jawa Timur (1975). Setelah itu, melanjutkan kuliah di Fakultas Ushuluddin IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, dan meraih gelar sarjana pada 1980.


    Kemudian, Din meraih gelar master (MA) pada tahun 1988 di University of California, Los Angeles (UCLA) di Amerika Serikat, Interdepartmental Programme in Islamic Studies. Ia pun meraih gelar doktor (Ph.D) di kampus yang sama pada tahun 1991.


    Sebagai politisi, Din pernah tercatat sebagai anggota parlemen dari Partai Golongan Karya. Karir politik Din antara lain Wakil Sekjen DPP Golkar (1998-2000), Wakil Sekretaris Fraksi Karya Pembangunan MPR-RI (1998), dan Wakil Ketua Fraksi Karya Pembangunan MPR-RI (1999).


    Sebagai ketua PP Muhammadiyah yang menjabat sejak 2005 hingga sekarang, ia seringkali diundang untuk menghadiri berbagai macam konferensi tingkat internasional berkenaan dengan masalah hubungan antara umat beragama dan perdamaian.


    Baru-baru ini, ia diundang ke Vatican untuk memberikan ceramah umum tentang terorisme dalam konteks politik dan idiologi. Ia memandang bahwa terorisme lebih relevan bila dikaitkan dengan isu politik dibandingkan dengan isu idiologi. Sejalan dengan itu, ia juga tidak senang bila sebagian kelompok umat Islam menggunakan label Islam dalam melakukan aksi-aksi terorisme mereka. Menurutnya, aksi-aksi terorisme yang mengatasnamakan Islam justru sangat merugikan umat Islam baik pada tingkat internal umat Islam maupun pada skala global.


    Din Syamsuddin juga dipercaya menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), menggantikan Sahal Mahfudz yang meninggal dunia pada Jumat 24 Januari 2014. Keputusan penggantian ditetapkan pada rapat pimpinan MUI yang diselenggarakan pada Selasa 18 Februari 2014. Hasil ini akan diplenokan dan dibuat keputusan rapat secepatnya. Namun ketua umum baru berlaku secara definitif per Selasa 18 Februari 2014

     

    Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari Medcom.id

    Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id