profile
 
    Bambang Brodjonegoro

    Bambang Brodjonegoro

    Pejabat

    Tempat lahir: Jakarta

    Tanggal lahir: 3 Oktober 1966

    Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro saat ini menjabat Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia. Jabatan itu diamanahkan oleh Presiden Joko Widodo sejak 27 Juli 2016.

    Bambang sudah malang-melintang di pemerintahan Joko Widodo. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan sejak 27 Oktober 2014. Pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono, Bambang menjabat Wakil Menteri Keuangan pada Kabinet Kerja Indonesia Bersatu jilid II.

    Ia meraih gelar sarjana setelah lulus kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1990. Konsentrasi bidang studi yang ditekuni adalah Ekonomi Pembangunan dan Ekonomi Regional. Kemudian Bambang melanjutkan studi ke University of Illinois di Amerika Serikat untuk tingkat magister pada kurun 1991-1993. Setelah itu, Bambang menyelesaikan pendidikan program doktoral pada tahun 1995 di AS pada universitas yang sama.

    Reputasi Bambang di kalangan akademik juga cukup baik. Kariernya sebagai akademisi dimulai dengan menjadi staf pengajar di Fakultas Ekonomi UI. Setelah itu posisinya terus menanjak, antara lain menjadi Ketua Jurusan Ekonomi hingga Dekan Fakultas Ekonomi UI.

    Diakui sebagai pakar ekonomi, Bambang kerap diminta mengajar sebagai dosen atau guru besar tamu di beberapa universitas, baik di dalam maupun luar negeri.

    Kiprahnya di luar dunia akademik juga tak sedikit. Ia punya segudang pengalaman kerja di banyak perusahaan dan lembaga pemerintah. Beberapa Badan Usaha Milik Negara maupun perusahaan swasta sangat tidak asing dengan nama Bambang Brodjonegoro. Antara lain seperti seperti PT PLN, PT ANTAM, PT TELKOM, PT Astra Group, Bappenas, JICA, British Petroleum. Kepakarannya dalam bidang Ekonomi Pembangunan, membuat banyak perusahaan dan lembaga pemerintah menunjuk Bambang sebagai dewan komisionaris maupun konsultan independen.

    Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari Medcom.id

    Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id