profile
 
    Ahmad Hasyim Muzadi

    Ahmad Hasyim Muzadi

    Lahir: Tuban, 8 Agustus 1944

    Wafat: Malang, 16 Maret 2017

    Ketokohan serta pengalamannya memimpin Nahdlatul Ulama, organisasi massa Islam terkemuka di Indonesia, menjadikan KH A Hasyim Muzadi dipercaya untuk menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak 19 Januari 2015. Ia dikenal sebagai ulama yang disegani dan besar perhatiannya terhadap upaya mengatasi masalah-masalah umat dan bangsa.

    Pendiri Pondok Pesantren Al-Hikam Malang ini pernah menjabat sebagai Ketua Umum PBNU pada periode 1999-2010. Muzadi menempuh jalur pendidikan dasarnya pada tahun 1950 di Madrasah Ibtidaiyah di Tuban. Kemudian dilanjutkan dengan menimba ilmu di Pondok Modern Gontor Ponorogo. Setelah itu, ia menuntaskan pendidikan tingginya di Institut Agama Islam Negeri Malang, Jawa Timur pada tahun 1969.

    Kiprah organisasinya mulai dikenal ketika pada tahun 1992 ia terpilih menjadi Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur yang terbukti mampu menjadi batu loncatan bagi Hasyim untuk menjadi Ketua PBNU pada tahun 1999.

    Hasyim juga pernah terjun ke kancah politik dan menjadi anggota DPRD Tingkat I Jawa Timur pada tahun 1986, yang ketika itu masih bernaung di bawah Partai Persatuan Pembangunan. Ia bahkan pernah menjadi calon wakil presiden, berpasangan dengan Megawati Soekarnoputri, dalam kompetisi Pemilihan Presiden RI 2004. Pasangan Megawati-Hasyim meraih 26.2% suara di putaran pertama, tetapi kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla di putaran kedua.

    Kabar mengenai kesehatan Hasyim menurun sudah bergulir sejak awal 2017. Pada Sabtu, 11 Maret 2017, Hasyim sempat dirawat Rumah Sakit Lavalette, Malang, hingga Senin, 13 Maret 2017. Kepala RS Lavalette Abdul Rokhim menjelaskan, Hasyim sebenarnya masih perlu menjalani masa pemulihan di rumah sakit. Tapi, Hasyim ingin menjalani masa pemulihan di kediamannya agar lebih dekat dengan santri-santrinya.

    Kondisi ulama sepuh itu sempat membaik setelah dijenguk oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu 15 Maret 2017. Namun, Kamis pagi pukul 06.15 WIB, 16 Maret 2017, Hasyim dilaporkan wafat di Malang. Jenazah Hasyim dimakamkan di kompleks pesantren Al Hikam, Depok, Jawa Barat.
    Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari Medcom.id

    Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id