Pilkada Kabupaten Malang Tetap Digelar

    Daviq Umar Al Faruq - 20 Maret 2020 16:46 WIB
    Pilkada Kabupaten Malang Tetap Digelar
    ilustrasi Medcom.id
    Malang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang mendukung keputusan pemerintah pusat untuk tetap melaksanakan Pilkada Serentak pada September 2020 mendatang. Penyebaran virus korona  covid-19 dipastikan tidak akan menghambat pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

    Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika, mengatakan tidak ada istilah penundaan pemilihan kepala daerah (pilkada) dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

    "Opsi penundaan pemilihan tidak disebutkan dalam UU 10/2016. Kami tetap menjalankan tahapan pemilihan sesuai regulasi, khususnya sebagaimana tercantum dalam Peraturan KPU RI Nomor 2 Tahun 2020," katanya kepada Medcom.id, Jumat, 20 Maret 2020.

    Mahardika menegaskan bahwa penundaan pilkada belum memungkinkan. Sebab dalam undang-undang Pilkada dan peraturan KPU RI tidak menyebutkan hal tersebut. Namun bila ada perubahan yang diterapkan KPU RI, maka KPU Malang akan mengikuti hal tersebut.

    "Semua tahapan dan keputusan tentu akan berubah. Jika berkaitan dengan masa jabatan kepala daerah dan lain-lain bukan wilayah kewenangan kami," jelas Mahardika.

    Disisi lain Mahardika mengaku banyak agenda KPU Kabupaten Malang yang terpaksa ditunda akibat isu virus korona yang merebak. Salah satunya seperti penundaam launching pemilihan yang direncanakan pada 21 Maret 2020 dan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada 22 Maret 2020.

    "Kami akan menyerahkan surat salinan keputusan pengangkatan PPS kepada masing-masing anggota PPS melalui PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan). Pelantikan akan kami gelar sesuai himbauan pemerintah daerah dan Polres Malang sesuai perkembangan situasi," pungkasnya.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id