Mahfud MD: Pilkada Tetap Digelar Demi Kepastian Hukum

    Amaluddin - 26 Juni 2020 19:41 WIB
    Mahfud MD: Pilkada Tetap Digelar Demi Kepastian Hukum
    Menteri Koordinator Politik Hukum Dan HAM (Menkopolhukam), Mahfud MD, bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, usai pertemuan dengan kepala daerah Jatim di Surabaya. (Medcom.id/Amal)
    Surabaya: Menteri Koordinator Politik Hukum Dan HAM (Menkopolhukam), Mahfud MD, menyatakan pemerintah telah menyiapkan dana untuk Pilkada Serentak 2020. Artinya, kata Mahfud, Pilkada Serentak tetap digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

    "Saya pastikan lagi Pilkada Serentak 2020 tetap digelar 9 Desember, dananya sudah ada, sudah disiapkan pemerintah," kata Mahfud MD, usai menggelar pertemuan dengan kepala daerah di Hotel JW Marriot Surabaya, Jumat, 26 Juni 2020.

    Mahfud menegaskan bahwa Pilkada tahun ini tidak boleh ditunda, meski di tengah pandemi covid-19. Semata-mata demi kepastian hukum dan keberlangsungan roda pemerintahan di daerah tetap berjalan. 

    "Kalau menunggu wabah covid-19 berakhir yang tidak jelas kapan selesainya, sementara roda pemerintahan harus tetap berjalan," kata Mahfud.

    Baca: KPU Usulkan Pemutakhiran Data Berkelanjutan

    Meski demikian, kata Mahfud, Pilkada tahun ini berbeda dari sebelumnya. Di mana harus menerapkan standr protokol kesehatan yang ketat, agar tidak menimbulkan klaster penyebaran Covid-19. 

    "Pelaksanaan Pilkada harus dengan protokol kesehatan standar WHO," ujar Mahfud.

    Dia mengimbau kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah segera menyerahkan rincian kebutuhan operasional Pilkada ke pemerintah pusat. Sebab, menurut Mahfud, masih ada daerah yang belum mengajukan anggaran untuk Pilkada Serentak pada 9 Desember mendatang.

    "Ada beberapa KPU daerah yang belum menyerahkan rincian kebutuhan pelaksanaan Pilkada, kami minta segera menyerahkan, dananya sudah ada," katanya.

    Akibat wabah covid-19, Pilkada Serentak 2020 yang semula dijadwalkan 23 September 2020, diundur pada 9 Desember 2020. Ada 270 daerah yang menggelar Pilkada serentak tahun ini. Rincian daerah yang akan menggelar Pilkada 2020, yakni sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota di Indonesia.


    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id