9 Calon Bupati-Wakil Bupati Bakal Saling Sikut di DIY

    Ahmad Mustaqim - 24 September 2020 23:13 WIB
    9 Calon Bupati-Wakil Bupati Bakal <i>Saling Sikut</i> di DIY
    ilustrasi Medcom.id
    Yogyakarta: Sebanyak sembilan calon bupati dan wakil bupati akan saling berebut kursi di tiga kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pilkada di tengah ancaman penularan covid-19 akan digelar di Kabupaten Bantul, Gunungkidul, dan Sleman.

    Seluruh pasangan calon telah ditetapkan KPU setelah dan mendapatkan nomor urut. Kampanye resmi akan dilakukan mulai 26 September 2020.

    "Keputusan untuk setiap pasangan calon telah dikeluarkan oleh KPU kabupaten," kata Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, saat dihubungi, Kamis, 24 September 2020.

    Baca: Olly-Steven: Nomor Urut 3 Lambang Persatuan

    Hamdan mengatakan putusan KPU untuk dua paslon Pilkada di Kabupaten Bantul tertuang di dalam keputusan nomor Nomor 347/PL.02.3-Kpt/02/3402/KPU-Kab/IX/2020 tentang penetapan nomor urut dan daftar pasangan calon dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul tahun 2020. Dua paslon di posisi calon bupati berstatus petahana.

    Abdul Halim Muslih-Joko B. Purnomo merupakan paslon yang dapat nomor urut 1. Abdul Halim merupakan petahana dengan jabatan wakil bupati. Abdul Halim-Joko diusung Demokrat, PAN, PDI Perjuangan, dan PKB, serta dari non legislatif Gelora dan PSI.

    Sementara Suharsono-Totok Sudarto mendapat nomor urut 2. Suharsono berstatus petahana bupati. Keduanya diusung Gerindra, NasDem, Golkar, PKS, dan PPP.

    "Untuk keputusan KPU Sleman bernomor 55/ HK.03.1-Kpt/3404/KPU-Kab/IX/2020 tentang penetapan nomor urut dan daftar pasangan calon dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman tahun 2020," jelasnya.

    Ada tiga paslon yang akan bertarung di Pilkada Sleman. Paslon dengan nomor urut 1 yakni Danang Wicaksana-Agus Choliq. Mereka diuunb Gerindra, PPP, dan PKB.
     
     

    Paslon nomor urut 2 yakni Sri Muslimatun-Amin Purnama. Sri-Amin disokong NasDem, Golkar, dan PKS.

    Sementara paslon nomor urut 3 ada Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa. PDI Perjuangan dan PAN menyokong pencalonan keduanya.

    Di Kabupaten Gunungkidul ada empat paslon yang akan berebut kursi pimpinan daerah. Hamdan mengatakan, putusan paslon tertuang dalam keputusan KPU AKabupaten Gunungkidul Nomor 173/PL.01.03-Kpt/3403/KPU-Kab/IX/2020 tentang penetapan nomor urut dan daftar pasangan calon dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul tahun 2020.

    Empat paslon bupati-wakil bupati Gunungkidul yakni pasangan Sutrisna Wibawa-Mahmud Ardi Widanto memperoleh nomor urut 1. Keduanya disokong koalisi Demokrat, Gerindra, PAN, dan PKS. Immawan Wahyudi-Martanty Soenar Dewi mengantongi nomor urut 2. Immawan-Martanty diusung NasDem.

    Dua pasangan lain, Bambang Wisnu Handoyo-Benyamin Sudarmadi dapat nomor 3 dan Sunaryanta-Heri Susanto nomor urut 4. Bambang-Benyamin diusung PDI Perjuangan, sedangkan Sunaryanta-Heri diusung Golkar dan PKB.

    (DEN)
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id