Zainal-Yansen Janji Buat Aturan Warga Bebas Kelola Hutan

    Cindy - 30 November 2020 22:28 WIB
    Zainal-Yansen Janji Buat Aturan Warga Bebas Kelola Hutan
    Calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) nomor urut 3, Zainal A Paliwang dan Yansen Tipa Padan. (Foto: MetroTV)
    Jakarta: Calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) nomor urut 3, Zainal A Paliwang dan Yansen Tipa Padan, mengatakan akan melakukan mediasi dengan masyarakat sekitar hutan agar tak melakukan perusakan. Mereka berjanji akan membuat aturan yang melindungi hak warga untuk mengelola hutan.

    "Akses-akses akan kita buat sehingga memudahkan masyarakat untuk melakukan kegiatannya," kata Zainal, dalam Debat Ketiga Pilgub Kalimantan Utara yang disiarkan di Metro TV, Senin, 30 November 2020.

    Yansen menambahkan kearifan lokal masyarakat dalam pengelolaan hutan saat ini tidak terakses dan terlindungi oleh aturan. Sehingga, ini yang akan menimbulkan konflik dan perusakan hutan.

    Menurut dia, mediasi merupakan kunci agar aturan-aturan yang nantinya dibuat akan melindungi hak rakyat. Aturan-aturan tersebut harus berpihak kepada rakyat.

    Baca juga: Langkah Irianto-Irwan Tingkatkan Ekonomi Kaltara

    "Boleh saya katakan tanah adat dan lahan-lahan dikuasai rakyat dengan tradisional dan ini harus kita lindungi dengan aturan-aturan yang bisa kita buat. Saya kira sepanjang kita berbuat baik, aturan itu bisa kita lahirkan bersama," ucap Yansen.  

    Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara diikuti tiga pasangan calon. Yakni pasangan calon dengan nomor urut 1, Udin Hianggio-Undunsyah diusung Hanura dan PKB. Nomor urut 2, Irianto Lambrie-Irwan Sabri diusing Golkar, PAN, Perindo, PKS, PBB dan Nasdem.

    Sementara nomor urut 3, Zainal A Paliwang-Yansen Tipa Padan diusung Demokrat, PDIP, Gerindra dan PPP. Debat publik ini merupakan sesi terakhir dari rangkaian debat yang diselenggarakan KPUD Kalimantan Utara. Debat putaran ketiga ini hasil kerja sama KPUD Kalimantan Utara dengan Metro TV.

    Debat ketiga mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, energi, lingkungan hidup, pertanian, kehutanan, perikanan, infrastruktur, teknologi, pengelolaan perbatasan, dan penyelarasan pembangunan daerah.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id