KPU Mamuju Siapkan Alat Bantu dengan Huruf Braille bagi Tuna Netra

    Media Indonesia.com - 23 November 2020 07:04 WIB
    KPU Mamuju Siapkan Alat Bantu dengan Huruf Braille bagi Tuna Netra
    Ilustrasi. (Foto: MI/Ramdani)
    Mamuju: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, akan menyediakan alat bantu berupa template dengan huruf braille bagi pemilih penyandang tuna netra di Pilkada Mamuju. 

    Komisioner KPU Mamuju Ahmad Amran Nur memastikan akan memberikan pelayanan yang maksimal bagi penyandang disabilitas saat pencoblosan di Pilkada Mamuju.

    "Pemilih tuna netra dipersilakan mengajukan pendamping, diharapkan dari pihak keluarga dan tidak boleh diwakilkan. Pendamping juga hanya mendampingi, yang nyoblos tetap yang bersangkutan," kata Ahmad, Minggu, 22 November 2020.

    Menurut dia, KPU Kabupaten Mamuju telah meminta kepada penyelenggara di tingkat kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) untuk memberlakukan setiap pemilih secara setara termasuk kepada kalangan difabel. 

    Baca juga: UMK 2021 di 27 Wilayah di Jawa Timur Naik

    Amran mengatakan, KPU Mamuju berkomitmen bakal tetap memfasilitasi para pemilih difabel, untuk dapat menyalurkan hak politiknya pada 9 Desember 2020. 

    "Begitu pun bagi pemilih yang membutuhkan kursi roda, itu juga akan disiapkan, KPU Mamuju fasilitasi, intinya pemilih difabel silakan ke TPS, karena akan diberikan kemudahan," tuturnya.

    Ia menambahkan pelaksanaan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sirekap di tingkat TPS Pilkada 2020 telah dilaksanakan KPU Mamuju untuk menyukseskan Pilkada Mamuju.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id