Irianto: Investasi Mesin Pertumbuhan Ekonomi

    Kautsar Widya Prabowo - 30 November 2020 22:47 WIB
    Irianto: Investasi Mesin Pertumbuhan Ekonomi
    Calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Utara, nomor urut 02, Iranto Lambrie-Irwan Sabri. (Foto: MetroTV)
    Jakarta: Calon gubernur Kalimatan Utara Irianto Lambrie menyebut membangun perekonomian harus melihat sejumlah indikator ekonomi makro. Salah satunya ialah investasi.

    "Investasi merupakan mesin pertumbuhan ekonomi, tanpa investasi tidak ada kesejahteraan ekonomi," ujar Irianto dalam debat Pilgub Kalimantan Utara yang disiarkan Metro TV, Senin, 30 November 2020.

    Selain itu, Irianto menilai pemerintah daerah harus melihat permasalahan yang ada di daerahnya saat ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seperti, masalah kesehatan, pendidikan, penanganan masyarakat lanjut usia, hingga kekerasan dalam rumah tangga.

    Hal itu disampaikan Irianto sebagai tanggapan atas penjelasan dari calon gubernur dan wakil gubernur Kalimatan Utara Udin Hianggio-Undunsyah. Irianto menilai pasangan calon nomor urut 1 tak menjelaskan secara tepat terkait ekonomi dan kesejahteraan sosial.

    "Oleh sebab itu, penting bagi paslon 1 mempelajari lagi definisi pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial," tutur Irianto.

    Undunsyah sempat menyampaikan beberapa programnya terkait ekonomi. Seperti, mengoptimalkan perdagangan antara Malaysia dan Indonesia, mempermudah regulasi untuk masyarakat dalam pengembangan kelapa sawit, ikan, kepiting, udang, dan lainnya.

    Baca: Langkah Irianto-Irwan Tingkatkan Ekonomi Kaltara

    Pilgub Kalimantan Utara diikuti tiga pasangan calon. Yakni pasangan calon dengan nomor urut 1, Udin Hianggio-Undunsyah, yang diusung Partai Hanura dan PKB.

    Pasangan calon nomor urut 2, Irianto Lambrie-Irwan Sabri, yang diusung Partai Golkar, PAN, Partai Perindo, PKS, PBB, dan Partai NasDem.

    Sedangkan pasangan calon nomor urut 3, Zainal A. Paliwang-Yansen Tipa Padan, yang diusung Partai Demokrat, PDIP, Partai Gerindra, dan PPP.

    Debat publik ini merupakan sesi ketiga dari rangkaian debat yang diselenggarakan KPU Provinsi Kalimantan Utara bekerja sama dengan Metro TV. Debat ketiga mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, energi, lingkungan hidup, pertanian, kehutanan, perikanan, infrastruktur, teknologi, pengelolaan perbatasan, dan penyelarasan pembangunan daerah.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id