Penerapan Kotak Suara Keliling untuk Pemilih Tak Bisa ke TPS Dikaji

    Indriyani Astuti, Media Indonesia.com - 21 Oktober 2020 19:55 WIB
    Penerapan Kotak Suara Keliling untuk Pemilih Tak Bisa ke TPS Dikaji
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengkaji aturan hukum mengenai kemungkinan adanya kotak suara keliling untuk pemungutan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Kotak suara keliling dapat menjadi opsi bagi pemilih lanut usia yang berisiko datang langsung ke tempat pemungutan suara (TPS).

    "Usia 45 tahun ke atas diimbau tidak terlalu sering keluar rumah untuk mencegah terpapar virus korona. Bagi lansia yang berada di rumah dan tidak bisa datang ke TPS, kami sedang mengatur tentang kotak suara keliling," ujar pelaksana harian Ketua KPU, Ilham Saputra, dalam diskusi bertajuk 'Evaluasi Metode dan Isu Kampanye Pilkada di Masa Pandemi' yang digelar oleh Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik Pengurus Pusat Muhammadiyah, Rabu, 21 Oktober 2020.

    Menurut Ilham, kotak suara keliling diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, tapi tidak diatur dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada). Oleh karena itu, KPU sedang mengkaji terobosan hukum yang dapat dilakukan agar hak konstitusional masyarakat dalam memilih kepala daerah tetap terpenuhi di tengah pandemi.

    "Bagaimana terbososan hukumnya dan akan lakukan diskusi fokus grup mengenai hal itu. Kalau kita tidak melakukan hal ini berarti tidak memfasilitasi hak konstitusional masyarakat," kata Ilham.

    Baca: KPU Temukan Paslon Kampanye Tanpa STTP

    Ilham mengatakan KPU sedang memikirkan cara supaya para pasien covid-19 yang tengah menjalani karantina atau perawatan di rumah sakit dapat memilih pada 9 Desember 2020. Salah satunya, dengan cara petugas mendatangi pasien itu ke rumah sakit.

    "Bagaimana dengan OTG memungkinkan enggak, kita masuk ke rumah yang menjadi rujukan pemerintah apa perlu pakai hazmat atau tidak. Ini sedang kita kaji melihat dari Kementerian Kesehatan sepertinya sulit masuk ke RS untuk teman-teman OTG," kata Ilham.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id