33 Ribu TPS Terkendala Sinyal, KPU Diminta Siapkan Mitigasi

    Fachri Audhia Hafiez - 16 November 2020 00:25 WIB
    33 Ribu TPS Terkendala Sinyal, KPU Diminta Siapkan Mitigasi
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperhatikan tempat pemungutan suara (TPS) yang tidak terjangkau sinyal internet. Jaringan internet dibutuhkan dalam sistem rekapitulasi suara elektronik (sirekap) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

    "Data kami sampaikan ke teman-teman KPU sebagai pembantu. Ini akan menjadi catatan mitigasi jika seandainya kita menerapkan ini (sirekap)," kata anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin dalam diskusi virtual, Minggu, 15 November 2020.

    Bawaslu menemukan 33.412 TPS dari 270 daerah penyelenggara pilkada serentak yang tidak terjangkau sinyal internet. Sementara itu, 4.423 TPS tidak memiliki listrik.

    Baca: Bawaslu: 33 Ribu TPS Belum Memiliki Jaringan Internet

    Menurut dia, temuan itu berdasarkan pemantauan Bawaslu untuk penyelenggaraan pilkada Rabu, 9 Desember 2020. Bawaslu juga mencatat penyelenggara pilkada di daerah belum didukung perangkat teknologi mumpuni.

    "Termasuk juga problem-problem bagaimana kita menyiapkan di lapangan itu soal handphone dan seterusnya juga persoalan," ucap Afif.

    Bawaslu meminta ada keseimbangan implementasi serta inovasi dalam program KPU. Persiapan teknis tak boleh dikesampingkan seiring dengan penerapan teknologi yang tidak bisa dihindarkan dalam pemilu saat ini.

    "Menggunakan teknologi harus diimbangi dengan kemauan cepat kita untuk menyiapkan segala hal yang bersifat teknis," tegas Afif.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id