Pendaftaran Petugas KPPS di Sumenep Sepi Peminat

    Media Indonesia.com - 15 Oktober 2020 19:01 WIB
    Pendaftaran Petugas KPPS di Sumenep Sepi Peminat
    Ilustrasi-- Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melakukan rekapitulasi surat suara di tingkat Kecamatan di GOR Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta. (Foto: ANTARA/Nova Wahyudi)
    Sumenep: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Jawa Timur, memperpanjang masa pendaftaran anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di delapan kecamatan setempat. Perpanjangan dilakukan karena kebutuhan petugas KPPS belum terpenuhi.

    Komisioner KPU Sumenep Rafiqi Tanzil mengatakan delapan kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Guluk-Guluk, Bluto, Kangayan, Sapeken, Saronggi, Talango, Lenteng, Kangayan, dan Masalembu.

    "Pendaftaran kami perpanjang hingga 18 Oktober," kata Rafiqi, Kamis, 15 Oktober 2020.

    Ia menjelaskan, perpanjangan tersebut hanya di 46 desa untuk 262 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sebab, jumlah kekurangannya cukup tinggi, yakni mencapai 1.237 orang.

    Baca juga: Pemilih pada Pilwalkot Makassar Capai 901.087 Jiwa

    Menurut Rafiqi, tingginya kekurangan kuota tersebut karena masih sebagian besar calon pendaftar merasa dirinya tidak layak menjadi anggota KPPS, karena faktor pendidikan.

    "Kami sudah meminta pemerintahan desa untuk lebih proaktif melakukan sosialisasi ke masyarakatnya tentang kebutuhan anggota KPPS ini," ujar dia.

    Sejauh ini belum ditentukan langkah jika sampai batas akhir pendaftaran kuota masih belum terpenuhi. Hal itu akan diputuskan kemudian.

    "Mungkin kami akan mengambil dari TPS lain dalam satu desa. Tapi langkah pastinya akan diputuskan nanti," jelas dia. (Muhammad Ghazi)

    (MEL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id