Siber Polri Akan Awasi Ketat Sistem IT pada Pilkada 2020

    Kautsar Widya Prabowo - 04 Desember 2020 02:56 WIB
    Siber Polri Akan Awasi Ketat Sistem IT pada Pilkada 2020
    Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
    Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) berkoordinasi dengan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri terkait persiapan menjelang hari pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Salah satu yang dibahas terkait pengamanan di bidang informasi dan teknologi (IT)

    Ketua KPU Arief Budiman mengatakan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri akan mengawasi sistem IT yang menunjang pelaksanaan pilkada. Berkaca pada pemilu dan pilkada sebelumnya, sistem IT KPU kerap diretas.

    "Saya berterima kasih karena cyber crime ikut menyampaikan pandangan-pandangannya untuk pengamanan penggunaan teknologi informasi kita," ujar Arief di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Kamis, 3 Desember 2020.  

    Bareskrim Polri juga akan membantu pengamanan penyaluran logistik. Arief memastikan penyaluran logistik yang sudah berjalan masih dalam kondisi aman dan terkendali.

    "Perkembangan distribusi logistik di banyak tempat sampai saat ini dilaporkan tidak ada gangguan yang cukup berarti. Jadi semua bisa didistribusikan dengan aman dan lancar," tuturnya.

    Baca: Polisi: Sembilan Provinsi Penyelenggara Pilkada Berkategori Kurang Rawan

    Mantan Ketua KPU Provinsi Jawa Timur (Jatim) ini berharap semua pihak yang terlibat mendukung dan menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini. "Mudah-mudahan dengan dukungan semua pihak termasuk kepolisian, Pilkada 2020 bisa berjalan aman, damai, luber (langsung, umum, bebas dan rahasia), jurdil (jujur dan adil), dan prokes (protokol kesehatan) tetap kita terapkan ketat," jelasnya.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id