Pemilih pada Pilwalkot Makassar Capai 901.087 Jiwa

    Antara - 15 Oktober 2020 18:23 WIB
    Pemilih pada Pilwalkot Makassar Capai 901.087 Jiwa
    Ilustrasi. (Foto: MI/Susanto)
    Makassar: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilwalkot Makassar. Setelah dilakukan perbaikan tercatat sebanyak 901.087 jiwa masuk dalam DPT.

    "Jumlah 901.087 jiwa ini tersebar di 15 kecamatan dan 153 kelurahan se-Kota Makassar," kata Komisioner KPU Makassar, Romy Herminto, Kamis, 15 Oktober 2020.

    Dari jumlah itu, Romy memerinci pemilih laki-laki sebanyak 436.620 orang dan pemilih perempuan 464.467 orang. Sedangkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Makassar sebanyak 2.394 unit tersebar pada semua kelurahan dan kecamatan termasuk Rutan dan Lapas di Makassar.

    Ia menyatakan jumlah DPT telah diputuskan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi dan berhak memberikan suaranya pada Rabu, 9 Desember 2020.

    Sementara untuk pemilih baru, sebut dia, dilaporkan bertambah dari jumlah orang yang tidak memenuhi syarat. Jumlah pemilih baru tercatat 103.104 orang, sedangkan tidak memenuhi syarat 101.949 orang. Dengan jumlah DPT tersebut, akan digunakan sebagai dasar pengadaan logistik surat suara untuk dicetak.

    Baca juga: DPT Pilkada Agam Bertambah 15.768 Pemilih

    "DPT ini tentu tidak berubah lagi, kecuali ada warga yang belum terdaftar baru kita masukkan menjadi Daftar Pemilih tambahan atau DPTb. Untuk surat suara tetap diakomodasi 2,5 persen di TPS sebagai antisipasi," tutur Romy.

    Meski demikian, jumlah tersebut tidak melampaui DPT pada Pemilu 2019, dengan ditetapkan DPT sebanyak 954.437 jiwa, berdasar jenis kelamin terdiri dari laki-laki 465.009 orang dan perempuan 489.428 orang.

    Berkurangnya jumlah DPT 2020 di Pilkada Makassar, ungkap dia, penyebab utamanya adalah pandemi covid-19 yakni hampir sebagai karyawan memiliki KTP Makassar di rumahkan lalu kembali ke kampung asal mereka masing-masing.

    "Penurunan jumlah DPT kali ini disebabkan dampak dari pandemi, banyak yang di rumahkan lalu mereka memilih pulang kampung. Faktor lain, karena 75 persen orang daerah bekerja di Makassar terdaftar di Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu atau DP4," sebut dia.

    Pada Pilwalkot Makassar telah ditetapkan empat paslon masing-masing, Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi Masse nomor urut satu, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando nomor urut dua, Syamsul Rizal-Fadly Ananda nomor urut tiga, dan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Nurdin Halid nomor urut empat.

    (MEL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id