Mendagri dan Kapolri Diwajibkan Tegas Jaga Protokol Kesehatan Pilkada

    Nur Azizah, Theofilus Ifan Sucipto - 23 November 2020 10:56 WIB
    Mendagri dan Kapolri Diwajibkan Tegas Jaga Protokol Kesehatan Pilkada
    Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato perdana di Sidang Majelis Umum PBB 2020. Foto: BPMI
    Jakarta: Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Kapolri Jenderal Idham Azis tegas memantau protokol kesehatan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Jokowi tak ingin protokol kesehatan kendur.

    “Beri perhatian khusus pada proses pilkada agar tidak mengganggu pekerjaan besar kita yaitu menyelesaikan covid-19 (virus korona) dan ekonomi,” kata Jokowi dalam rapat terbatas terkait laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional secara virtual, Jakarta, Senin, 23 November 2020.

    Baca: KPU Diminta Antisipasi Pemilih Tak Pakai Masker Saat Pencoblosan

    Menurut dia, pengawasan protokol kesehatan saat tahapan pilkada harus diperketat. Pasalnya, hari pemungutan suara, Rabu, 9 Desember 2020, kian dekat.

    “Tegakkan aturan, disiplin protokol kesehatan yang ketat, terutama saat hari pencoblosan dan di saat tahapan kampanye terakhir,” ujar Kepala Negara.

    Mendagri dan Kapolri juga diminta memaparkan strategi antisipasi penyebaran covid-19 saat libur panjang akhir Desember 2020. Hal ini demi mencegah lonjakan kasus baru usai libur Natal dan tahun baru 2021. 

    Sementara itu, per Minggu, 22 November 2020, pasien covid-19 di Tanah Air tercatat mencapai  497.668 orang. Sebanyak 4.360 pasien di antaranya merupakan kasus baru. Kasus aktif covid-19 di Tanah Air mencapai 63.596 atau 12,8 persen dari total kasus. 

    Sebanyak 418.188 atau 84,03 persen pasien telah sembuh. Di sisi lain, 15.884 kasus atau 3,2 persen pasien meninggal akibat virus ganas yang menyerang sistem pernapasan ini.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id