662.436 DPS Pilkada 2020 Sukoharjo Akan Diuji Publik

    Triawati Prihatsari - 11 September 2020 14:01 WIB
    662.436 DPS Pilkada 2020 Sukoharjo Akan Diuji Publik
    ilustrasi Medcom.id
    Sukoharjo: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo menetapkan jumlah daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada 2020 sebanyak 662.436 jiwa. Jumlah tersebut tersebar di 167 kelurahan/desa di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

    "Rinciannya jumlah pemilih laki-laki sebanyak 327.424 jiwa dan jumlah pemilih perempuan sebanyak 335.012 jiwa," kata Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, di Sukoharjo, Jumat, 11 September 2020.

    Baca: 4.156 Usulan Mutasi ASN Ditolak

    Dia menjelaskan penetapan tersebut dilakukan melalui rapat pleno terbuka di Pendopo KPU Sukoharjo, pagi tadi. Dari seluruh data DPS yang telah ditetapkan tersebut selanjutnya akan dilakukan uji publik.

    "Akan kita uji publik dengan menempelkannya di masing-masing tempat panitia pemungutan suara (PPS). Uji publik dilakukan untuk mendapatkan masukan dari masyarakat terkait ada tidaknya warga yang belum terdaftar. Atau ada data yang berubah dan lainnya," jelasnya.

    Dengan demikian hasil uji publik menjadi masukan untuk menuju tahapan berikutnya yakni penetapan daftar pemilih tetap (DPT). Ditambahkan Nuril, jumlah DPS pada pilkada 2020 Sukoharjo kali ini mengalami penurunan dibandingkan dengan pemilu sebelumnya.

    "Tetapi kan ini masih bisa bertambah atau berkurang sebelum menjadi DPT. Kemarin banyak hasil coklit itu orangnya sudah meninggal, pindah, dan alih status," ungkapnya.

    Sementara itu dari total data DPS Pilkada 2020 Sukoharjo tersebut, pemilih pemula mengambil andil cukup besar pada jumlahnya. "Berdasarkan pada DP4 yang kita terima dan juga daftar potensi pemilih sampai 9 Desember mendatang ada sekitar 5.000 hingga 12.000 pemilih pemula," ujarnya.

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id