Metro TV Dipercaya Menyiarkan Debat Pilkada Kota Semarang

    Theofilus Ifan Sucipto - 12 Oktober 2020 13:52 WIB
    Metro TV Dipercaya Menyiarkan Debat Pilkada Kota Semarang
    KPUD Kota Semarang, Jawa Tengah, mengunjungi kantor Metro TV untuk membahas penyiaran debat publik Pilkada Serentak 2020.
    Jakarta: Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Semarang, Jawa Tengah, mengunjungi kantor Metro TV. Kedatangan mereka untuk membahas penyiaran debat publik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 melalui Metro TV.
     
    "Nanti dilaksanakan dengan penajaman visi misi pada kegiatan debat," kata Komisioner KPUD Divisi Hukum dan Pengawasan Kota Semarang, Suyanto, di Kompleks Metro TV, Kedoya, Jakarta Barat, Senin, 12 Oktober 2020.

    Debat tersebut rencananya digelar dua kali pada 18 November 2020 dan 2 Desember 2020. Debat pertama digelar khusus untuk regional Kota Semarang sementara debat kedua disiarkan secara nasional.

    Pilkada di Kota Semarang, kata Suyanto, akan diikuti calon tunggal. Mereka ialah petahana Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu.

    Meski begitu, Suyanto menjamin substansi debat. Hendrar dan Hevearita akan memaparkan visi misi mereka dengan sejumlah topik di hadapan panelis.

    "Misalnya kesejahteraan, ekonomi, ketatanegaraan. Tentu juga soal covid-19 terkait penanganan dan penyelesaiannya," ujar dia.

    Baca: KPUD Halmahera Selatan Ingin Siarkan Debat Publik Melalui Metro TV

    Suyanto menuturkan warga Semarang bisa mengusulkan calon panelis dan moderator. Usulan tersebut akan dibahas oleh KPUD Semarang sebelum diputuskan.

    Sementara itu, Suyanto mengungkapkan alasan KPUD Kota Semarang mempercayai Metro TV untuk menyiarkan debat. Metro TV dinilai memiliki sarana dan prasarana yang memadai dan berimbang dalam pemberitaan.

    "Tentu juga mengenai independensi. Kami berharap yang kita sampaikan kepada masyarakat tidak memihak dan tetap berimbang agar diterima masyarakat," ucap Suyanto.

    Pemimpin Redaksi Metro TV, Arief Suditomo, mendukung rencana debat oleh KPUD Semarang. Menurut Arief, media massa, khususnya Media Group, perlu mengawal pesta demokrasi.

    "Kami siap membantu semaksimal mungkin pelaksanaan Pilkada 2020 agar sukses dan hasil yang legitimasi," kata Arief.

    Selain KPUD Halmahera Selatan, sejumlah KPUD telah mengunjungi Metro TV untuk bekerja sama dalam penyiaran debat publik. Mulai dari KPUD Kabupaten Tana Tidung, KPU Kota Balikpapan, KPUD Bulungan, hingga KPUD Kabupaten Halmahera Selatan.

    (JMS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id