19 Ribu Pemilih Pemula di Malang Belum Punya KTP-el

    Daviq Umar Al Faruq - 19 November 2020 12:56 WIB
    19 Ribu Pemilih Pemula di Malang Belum Punya KTP-el
    ilustrasi Medcom.id
    Malang: Sekitar 19 ribu calon pemilih pemula di Kabupaten Malang, Jawa Timur, belum melakukan perekaman KTP elektronik atau KTP-el. Data tersebut berdasarkan catatan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang.

    Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Sirath Aziez, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang untuk menghitung jumlah pemilih pemula.

    "Hasil pantauannya di lapangan, mereka menemukan dari hasil Daftar Pemilih Sementara (DPS) ada 19 ribu pemilih pemula di Kabupaten Malang yang belum tercatat status kependudukannya," katanya.

    Aziez menambahkan, pihaknya menargetkan 19 ribu pemilih pemula ini akan memiliki KTP-el pada akhir Desember. Hal itu sesuai aturan yang berlaku.

    "Terlepas dengan adanya Pilkada yang akan dilaksanakan 9 Desember, kita tetap menargetkan akhir Desember," bebernya.

    baca: Banjir di Aceh Timur Meluas ke 8 Desa

    Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang telah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Malang 2020 yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang. 

    Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan dan Pemilihan dan SDM KPU Kabupaten Malang, Marhendra Pramudya Mahardika, mengatakan, dari hasil rapat pleno terbuka beberapa waktu lalu ditetapkan jumlah DPT sebanyak 2.003.608 orang. Jumlah tersebut tersebar di 390 desa dan 12 kelurahan, dan 33 kecamatan di Kabupaten Malang. 

    "KPU sudah melakukan verifikasi secara ketat hingga detik-detik terakhir sebelum jumlah DPT ditetapkan,” ujarnya.

    Dari total DPT sebanyak 2.003.608 orang tersebut, sebanyak 999.098 pemilih di antaranya berjenis kelamin laki-laki. Sementara 1.004.510 pemilih lainnya berjenis kelamin perempuan.

    Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Malang 2020 diikuti tiga pasangan calon (paslon). Yakni pasangan calon dengan nomor urut 1, M Sanusi-Didik Gatot Subroto (SanDi) yang merupakan pasangan calon dari koalisi PDI Perjuangan, NasDem, Demokrat, Golkar, Gerindra, dan PPP.

    Kemudian, pasangan calon dengan nomor urut 2, Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono (LaDub) yang merupakan pasangan calon dari koalisi PKB dan Hanura.

    Terakhir, pasangan dengan nomor urut 3, Heri Cahyono, dan Gunadi Handoko (Malang Jejeg) yang merupakan pasangan calon dari jalur perseorangan atau independen.


    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id