Bawaslu Pelototi Pilkada Bandar Lampung

    Antara - 12 November 2020 04:06 WIB
    Bawaslu Pelototi Pilkada Bandar Lampung
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengakui tengah menyoroti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kota Bandar Lampung. Tahap pendaftaran calon hingga tahap kampanye terus diawasi Bawaslu.

    "Kami Bawaslu RI mengawasi langsung pilkada di Bandar Lampung sejak terjadinya sengketa pada tahap pendaftaran calon perseorangan," kata anggota Bawaslu RI Divisi Penyelesaian Sengketa Rahmat Bagja, di Bandarlampung, Rabu, 11 November 2020.

    Menurutnya, persaingan memperebutkan kursi wali kota dan wakil wali kota di Bandarlampung menjadi salah satu yang ketat sejak tahapan pencalonan hingga sekarang masa kampanye.

    "Yang menjadi sorotan kami juga pada masa kampanye di Bandar Lampung ini adanya beberapa pelanggaran perusakan alat peraga kampanye dan politik uang serta netralitas aparatur sipil negara (ASN)," kata dia.

    Baca: NasDem Target Menang di 12 Daerah di Sulsel

    Dia mengingatkan agar Bawaslu Kota Bandar Lampung maupun panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam) dapat menjaga profesionalismenya dan memiliki kebijaksanaan dalam memberikan hukuman atau teguran kepada calon kepala daerah.

    Di sisi lain, Bawaslu meminta pengawas pemilu dapat terus menyosialisasikan atau menerangkan kepada pasangan calon untuk menerapkan protokol kesehatan selama pandemi covid-19. Termasuk pada pertemuan terbatas yang hanya boleh dihadiri 50 orang saja.

    Kemudian, panitia pengawas juga harus menjelaskan kepada tim pasangan calon terkait pemasangan alat peraga kampanye (APK) agar dapat memasangnya sesuai zona yang telah ditentukan sehingga tidak terjadi perusakan.

    "Jadi Bawaslu atau Panwascam harus punya kebijaksanaan dan ketegasan bagaimana bentuk hukuman yang akan diambil terhadap pasangan calon atau tim kampanye yang melakukan pelanggaran sesuai peraturan yang berlaku," kata dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id