KPU Siap Menetapkan Eva-Deddy Sesuai Regulasi

    ant, Lampost - 17 Februari 2021 10:55 WIB
    KPU Siap Menetapkan Eva-Deddy Sesuai Regulasi
    Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandar Lampung terpilih Eva Dwiana-Deddy Amarullah. ANTARA/Dian Hadiyatna


    Bandar Lampung: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandar Lampung siap menetapkan paslon Eva Dwiana dan Deddy Amarullah sebai paslon terpilih pada pilkada 2020.

    Ketua KPU Bandar Lampung Dedy Triyadi mengatakan, sesuai dengan tahapan dan regulasi yang ada pihaknya tetap akan menetapkan paslon tersebut setelah menerima salinan putusan resmi dari Mahkamah Konstitusi (MK) ke KPU.




    "Tapi di tahapan kami tidak dikenal namanya PK. Kami berjalan sesuai regulasi yang ada dan siap menetapkan pemenang sesuai tahapan,"katanya kepada Lampost.co, di ruang kerja, Senin, 15 Februari 2021.

    Dedy menambahkan, pihaknya menghormati proses hukum yang telah diupayakan pasangan calon Yusuf Kohar dan Tulus Purnomo. Namun, putusan MA kemarin telah final dan mengikat.

    "Regulasi kami terhadap putusan MA itu sudah final dan mengikat jadi kalau ada upaya hukum luar biasa kami menghormati proses itu,"ujar Dedy.

    Ia menjelaskan saat ini sedang menunggu salinan putusan dismisal resmi dari MK untuk segera menetapkan Paslon tersebut sesuai dengan regulasi.

    "Regulasinya setelah putusan MA kami menunggu putusan MK, maka kami berkonsultasi ke KPU RI hari ini, apa langkah selanjutnya setelah putusan MK," kata dia. 

    Sementara itu Komisioner KPU Lampung Divisi Hukum, M Tio Aliansyah mengatakan jadwal rapat pleno Kota Bandar Lampung akan bersamaan dengan dua Kabupaten lainnya yang melangsungkan pilkada serentak yakni Lampung Tengah dan Lampung Selatan.

    "Hasil konsultasi dengan KPU RI bahwa pelaksanaan pleno untuk tiga daerah yang sudah ada keputusan MK dilakukan serentak setelah ada salinan resmi diterima KPU," jelas Tio.

    Sementara terkait perkara sengketa KPU Pesisir Barat, pihaknya masih menunggu jadwal dari panitera MK untuk sidang hari terakhir pada hari ini. "Untuk Pesisir Barat kita masih menunggu jadwal panitera MK, apakah masuk sidang dismisal atau tidak," jelasnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id