Sentra Gakkumdu Optimalkan Teknologi Daring di Pilkada 2020

    Theofilus Ifan Sucipto - 23 Juni 2020 05:52 WIB
    Sentra Gakkumdu Optimalkan Teknologi Daring di Pilkada 2020
    Ilustrasi pengumpulan bukti. Medcom.id/M Rizal
    Jakarta: Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) akan mengoptimalkan teknologi daring dalam pembahasan dugaan tindak pidana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Rapat pembahasan bakal digelar secara daring untuk mencegah penularan virus korona (covid-19).

    “Proses pembahasan di Sentra Gakkumdu menyesuaikan protokol kesehatan pencegahan covid-19,” kata kata Koordinator Bidang Hukum, Data, dan Informasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Fritz Edward Siregar, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin, 22 Juni 2020.

    Sentra Gakkumdu bakal menggelar rapat secara daring jika ada dugaan tindak pidana. Rapat bakal direkam sehingga transparan bagi semua pihak.

    Baca: Bawaslu Berkolaborasi untuk Pengawasan Pilkada 2020

    Dalam pembahasan pertama dan kedua, berita acara akan dibuat secara daring. Unsur kepolisian dan kejaksaan Sentra Gakkumdu bakal datang ke kantor Bawaslu tingkat provinsi atau kabupaten/kota untuk menandatangani berita acara dengan jadwal berbeda.

    Dalam pembahasan ketiga, rapat juga digelar secara daring, direkam, dan dibuat berita acara. Setelah itu, unsur pengawas pemilihan dan kejaksaan Sentra Gakkumdu datang ke kantor kepolisian atau pengawas pemilihan.

    “Kehadiran itu untuk menandatangani berita acara dengan jadwal berbeda,” terang dia.

    Pengawas pemilihan dan kepolisian Sentra Gakkumdu datang ke kantor kejaksaan atau pengawas pemilihan untuk pembahasan setelah putusan pengadilan. Mereka juga akan diminta menandatangani berita acara dengan jadwal berbeda berdasarkan hasil rapat secara daring.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id