Bawaslu Akan Awasi Petahana Selama Masa Tenang Pilkada

    Cindy - 05 Desember 2020 20:58 WIB
    Bawaslu Akan Awasi Petahana Selama Masa Tenang Pilkada
    Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
    Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan menggelar patroli pengawasan selama masa tenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 pada 6-8 Desember. Bawaslu meminta jajarannya mengawasi potensi pelanggaran yang dilakukan petahana.

    "Ketika memasuki masa tenang, maka di daerah yang ada petahana-petahana ini sudah aktif kembali. Maka perlu diawasi betul-betul," kata Ketua Bawaslu, Abhan, dalam konferensi pers secara daring, Sabtu, 5 Desember 2020.

    Abhan menuturkan potensi kecurangan dalam tahapan pilkada meningkat selama masa tenang. Misalnya, penyalahgunaan kekuasaan dan kewenangan dari petahana yang aktif kembali sebagai kepala daerah.

    "Ini menjadi catatan sendiri bagi daerah, kabupaten atau kota yang ada calon petahana. Masa tiga hari ini rawan sekali bagi calon-calon petahana, sekali lagi ini menjadi atensi kita di daerah petahana," ujar dia.

    Baca: Bawaslu Mulai Awasi Pelanggaran Pilkada di Masa Tenang

    Para pengawas pemilu juga diminta memelototi potensi pelanggaran lainnya, seperti politik uang dan kampanye di luar jadwal. Memasuki masa tenang, kata dia, kegiatan kampanye dalam bentuk apa pun tidak diperbolehkan.

    "Kalau ada (kampanye) dan memenuhi unsur kampanye, maka bisa dikategorikan sebagai pelanggaran kampanye di luar jadwal," ujar Abhan.

    Abhan berharap kegiatan patroli pengawasan bisa menutup ruang dan celah kecurangan dalam proses pilkada. Terutama, selama masa tenang.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id