Bawaslu Demak Peringati Pasangan Calon Bupati Langgar Prokes

    Rhobi Shani - 12 Oktober 2020 13:55 WIB
    Bawaslu Demak Peringati Pasangan Calon Bupati Langgar Prokes
    Ilustrasi Bawaslu melakukan pengawasan akun sosial media pasangan calon Bupati Demak. Medcom.id/ Rhobi Shani
    Demak: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak melayangkan surat peringatan kepada tim kampanye salah satu pasangan calon bupati Demak. Peringatan lantaran kampanye di Kecamatan Wonosalam telah melanggar protokol kesehatan (prokes).

    "Sampai saat ini pelanggaran yang ditemukan baru itu. Salah satu pasangan calon menggelar kampanye yang dihadiri lebih dari 50 orang," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Demak, Khoirul Saleh, Senin, 12 Oktober 2020.

    Baca: KPU Kotawaringin Timur Minta Masyarakat Tidak Takut ke TPS

    Dia menjelaskan Bawaslu juga melakukan pengawasan terhadap akun media sosial masing-masing pasangan calon bupati. Ada 11 akun yang didaftarkan sebagai akun resmi pasangan calon Bupati.

    "Pasangan calon nomor 1 mendaftarkan lima aku, calon nomor 2 mendaftarkan enam akun. Setiap hari akun-akun ini kami pantau," jelas Saleh.

    Pengawasan akun media sosial pasangan calon tidak hanya masalah materi yang diunggah. Tetapi juga pengawasan terhadap pihak-pihak yang tidak diperbolehkan memberikan dukungan berupa komentar maupun tanda suka.

    "Tim siber sudah dibentuk, jika ditemukan materi unggahan yang menyudutkan atau kampanye hitam kami akan berkoordinasi dengan Tim Gakumdu," ungkap Saleh.

    Pilkada Demak 2020 diikuti dua pasangan calon. Pasangan nomor urut 1 Estianah – Ali Mahsun, diusung PDI Perjuangan bersama PPP, PKB, PAN, Golkar, dan Demokrat. Sementara pasangan nomor urut 2 Mugiyono – Gus Bad diusung Partai NasDem dan Gerindra.

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id