Alasan Keamanan dan Covid-19, Debat Pilwalkot Makassar Digelar di Jakarta

    Muhammad Syawaluddin - 23 Oktober 2020 17:46 WIB
    Alasan Keamanan dan Covid-19, Debat Pilwalkot Makassar Digelar di Jakarta
    ilustrasi Medcom.id
    Makassar: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menetapkan akan menyelenggarakan debat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar di Jakarta. Hal itu untuk menghindari kerumunan massa sebagai upaya menjaga keamanan dan menghindari penyebaran virus korona atau covid-19 saat debat berlangsung.

    Komisioner KPU Makassar, Endang Sari, mengatakan hal itu dilakukan mengingat kondisi saat ini yang berada di masa pandemi virus korona. Apalagi, dalam PKPU telah membatasi jumlah peserta yang bisa hadir dalam tiap debat. Sehingga, itu menjadi pertimbangan. 

    "PKPU mengatur dengan tegas untuk mematuhi protokol kesehatan," katanya, saat ditemui di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 23 Oktober 2020.

    Ia mengatakan dalam PKPU pendukung yang bisa hadir hanya empat orang, masing-masing pasangan calon, KPU Kota Makassar, Bawaslu, hingga KPU Provinsi Sulawesi Selatan. Jadi, hal itu salah satu pertimbangan. 

    Baca: Tak Ada Kata Terlambat untuk Pastikan Pilkada Aman dari Covid-19

    Tidak hanya itu, yang menjadi pertimbangan dari KPU Kota Makassar juga lantaran saat pendaftaran bakal pasangan calon, persinggungan antar pendukung cukup besar. Ditambah dengan tensi masing-masing yang sangat tinggi. 

    "Salah satunya jadi pertimbangan adalah fakta lapangan yang kita lihat," jelasnya. 

    Kemudian kata Endang, pihaknya hanya mampu membatasi orang yang masuk ke dalam studio atau lokasi debat tapi potensi hadirnya massa yang banyak di luar studio bisa membludak sehingga ada potensi penyebaran virus korona. 

    "Di luar studio pendukung bisa bertemu. Jadi, yang pertama bisa dilanggar adalah protokol covid-19 kemudian keamanan kita semua," jelasnya. 

    Ketua KPU Kota Makassar, M. Faridl Wajdi juga menyampaikan  rencana pelaksanaan debat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar yang akan digelar sebanyak tiga kali. Di mana debat pertama dan kedua kemungkinan digelar di Jakarta pada minggu pertama dan minggu terakhir di bulan November. 

    "Sedangkan debat yang ketiga kita akan lakukan di Makassar, tepatnya di awal bulan Desember atau dihari terakhir masa kampanye,” ujarnya. 

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id