Tahapan Pilkada Demak Berjalan Sesuai Rencana

    Rhobi Shani - 20 Maret 2020 16:09 WIB
    Tahapan Pilkada Demak Berjalan Sesuai Rencana
    ilustrasi Medcom.id
    Demak: Tahapan pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Demak, Jawa Tengah, berjalan sesuai rencana. Namun pelaksanaan tahapan Pilkada tetap mempertimbang faktor kesehatan dan penanggulangan pencegahan virus korona covid-19. 

    Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak, Bambang Setya Budi, mengatakan pada Minggu, 22 Maret 2020, tetapk akan meantik Panitia Pemungutan Suara (PPS). Pelaksanaan pelantikan akan dibuat beberapa sesi di tiap kecamatan. Itu karena menyesuaikan surat edaran pemerintah Kabupaten Demak berkait himbauan menghindari kerumunan.

    “Pelantikan PPS ini salah satu tahapan yang tidak boleh ditunda, kalau ditunda kami melanggar aturan. Tapi karena ada surat edaran itu, maka pelantikan dibuat tiga sesi. Kami juga akan menyiapkan sabun cuci tangan, sampai masker bagi yang sakit dan lainnya,” ujar Bambang saat dihubungi Medcom.id, Jumat, 20 Maret 2020. 

    Baca: Pemerintah Pastikan Jadwal Pilkada 2020 Tak Berubah

    Tahapan lain yang dalam waktu dekat harus dilaksanakan KPU Demak adalah pembentukan petugas pemutahiran data pemilih (PPDP). Pembentukan PPDP mulai 26 Maret 2020 hingga 16 April 2020. Mengigat tahapan ini juga penting, maka pembentukannya tidak dapat ditunda.

    “setelah itu 18 April nanti harus sudah mulai pencocokan data pemilih, artinya April nanti akan ada banyak bimbingan teknis tingkat kabupaten dan kecamatan. Surat edaran itu kan berlaku 14 hari sampai 30 Maret, jadi nunggu perkembangannya seperti apa,” pungkas Bambag.

    Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD memastikan penyebaran virus korona tidak akan menghambat pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Pesta demokrasi itu tetap dilaksanakan pada September 2020.
     
    “Tidak ada perubahan rencana, jadwal pilkada serentak akan berlangsung September. Itu masih terjadwal seperti biasa dan persiapan teknis operasionalnya, persiapan politisnya, persiapan keamanan, dan hukumnya sekarang berjalan seperti biasa,” ujar Mahfud di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta, Rabu, 17 Maret 2020.
     
    Mahfud meminta seluruh pihak tak berspekulasi soal penundaan pilkada. Pemerintah belum berpikiran menunda pilkada.




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id