Survei: 56,8% Warga Tangsel Anggap Politik Uang Hal Wajar

    Kautsar Widya Prabowo - 18 November 2020 08:54 WIB
    Survei: 56,8% Warga Tangsel Anggap Politik Uang Hal Wajar
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Sebanyak 56,8 persen warga Tangerang Selatan (Tangsel) menganggap politik uang menjelang hari pemungutan suara ha lumrah. Data itu muncul berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia (IPI).

    "Jadi politik uang itu dianggap wajar dan 43,2 persen warga Tangsel menilai politik uang tidak wajar," kata Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei secara virtual, Selasa, 17 November 2020.

    Burhanuddin menyebut persentase warga Tangsel yang menganggap politik uang wajar meningkat dibandingkan survei sebelumnya. Pada Agustus terdapat 35 persen warga Tangsel yang menganggap politik uang wajar dan pada Oktober meningkat menjadi 51,1 persen.

    Menurut dia, ekonomi warga Tangsel yang terdampak pandemi covid-19 memengaruhi kewajaran terjadinya politik uang. Hal ini harus diantisipasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan pihak-pihak terkait lainya.

    "Kalau ingin pemilihan kepala daerah (pilkada) sukses dan berkualitas, praktik korupsi ini harus diberantas. Termasuk kita menuntut semua calon (kepala daerah) untuk tidak melakukan ini (politik uang)," kata dia.

    Baca: Penyelenggara Pilkada 2020 Harus Responsif
     
    Namun, persepsi warga Tangsel terhadap politik uang berbanding terbalik dengan kriteria calon pemimpinnya. Sebanyak 61,9 persen warga Tangsel menginginkan wali kota dan wakil wali kota yang jujur, bisa dipercaya, dan bersih dari korupsi.

    "Kayak ada yang ambigu, politik uang dianggap wajar, tapi kepala daerah harus bersih dari korupsi," kata dia.

    Survei ini melibatkan 820 warga Tangsel pada 28 Oktober hingga 3 November 2020. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan atau margin of error kurang lebih 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id