Mahfud MD Pastikan Sengketa Pilkada Cepat Selesai

    Antara - 09 September 2020 03:27 WIB
    Mahfud MD Pastikan Sengketa Pilkada Cepat Selesai
    Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
    Jakarta: Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan Mahkamah Agung (MA) bersedia memproses kasus sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 dengan lebih cepat. Dengan begitu, tahapan pilkada tidak molor.
     
    Mahfud mengatakan hal itu saat menyambangi Mahkamah Agung bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman, dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan. Dia mengecek jadwal pengadilan. 
     
    "Tadi kami semua bertemu dengan pimpinan MA, lengkap tadi ada Ketua (Muhammad Syarifuddin) dan wakil ketua MA. Kami memastikan tentang jadwal peradilan, jika ada sengketa pilkada karena jika terjadi kemunduran waktu pilkada, maka kemudian kita perlu penyesuaian waktu," ujar Mahfud dalam siaran pers Selasa, 8 Agustus 2020.
     
    Ketua MA, kata Mahfud, akan memenuhi jadwal dari KPU maupun Bawaslu. Dengan begitu, pilkada akan sesuai dengan waktu yang disusun KPU dan didukung oleh pemerintah. Semua akan dipersiapkan, baik perangkat peradilan, sarana prasarana fisik maupun jaringan. 

    "Jadi soal waktu ini, masing masing lembaga akan memakai waktu yang efektif, karena waktunya pendek. Misalnya Bawaslu punya waktu 12 hari kalender, maka semaksimal mungkin kami akan kami upayakan tidak sampai 12 hari. Mahkamah Agung juga akan berupaya demikian," ujar Abhan menambahkan.
     
    Halaman Selanjutnya
    Baca: Masyarakat… …
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id