KPU Bantul Masih Kekurangan Sejumlah Logistik

    Ahmad Mustaqim - 28 November 2020 18:39 WIB
    KPU Bantul Masih Kekurangan Sejumlah Logistik
    ilustrasi Medcom.id
    Bantul: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyatakan penyusunan logistik untuk Pilkada hampir selesai. Beberapa di antaranya telah didistribusikan bertahap dan akan difinalisasi pada 8 Desember mendatang. Meskipun ada sejumlah logistik yang belum terpenuhi.

    "Logistik (surat) kita sudah selesai sortir dan lipat. Saat ini kita sedang memasukkan surat suara ke dalam sampul," kata Ketua KPU Kabupaten Bantul, Didik Joko Nugroho, saat dihubungi Medcom.id, Sabtu, 28 November 2020.

    Baca: Kasus Covid-19 di Aceh Turun 67% Dalam 2 Pekan

    Ada sebanyak 704.688 ribu lembar surat suara yang diterima KPU Kabupaten Bantul. Didik mengatakan jumlah surat suara yang diterima sesuai jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2 persen dan ditambah 2.000 surat suara untuk antisipasi pemungutan suara ulang.

    Didik mengatakan ada temuan ribuan surat suara rusak. Kategori rusak itu baik dalam kesalahan pencetakan maupun pemotongan.

    "Ada juga yang kurang kirim, yang rusak harus mengganti dan sudah dikirim. Semua kami pastikan agar jangan sampai sudah di TPS tapi tidak layak," jelasnya.

    Ia mengatakan persiapan logistik Pilkada akan rampung maksimal pada 4 Desember. Proses kesiapan logistik telah melibatkan sebanyak 80 tenaga kerja, 12 diantaranya penyandang disabilitas. Setelah selesai penyortiran dan pelipatan surat suara akan dimasukkan ke dalam 2.045 kotak suara.

    "Distribusi direncanakan 6-7 Desember dari KPU ke PPS. Lalu, dari PPS ke TPS H-1 atau 8 Desember mendatang," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id