Cegah Covid-19, Penyelenggara Pilkada Disarankan Divaksinasi

    Anggi Tondi Martaon - 15 Oktober 2020 04:22 WIB
    Cegah Covid-19, Penyelenggara Pilkada Disarankan Divaksinasi
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah disarankan memvaksinasi penyelenggaraan dan pemilih jelang pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Rabu, 9 Desember 2020. Usulan ini perlu dipertimbangkan untuk memastikan keselamatan penyelenggaraan Pilkada 2020 dari penyebaran virus korona (covid-19).

    "Mungkin di awal-awal orang yang akan divaksinasi ini adalah orang yang akan menyelenggarakan pilkada," kata Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Djohermansyah Djohan dalam diskusi virtual 'Evaluasi 15 Tahun Pelaksanaan Pilkada: Capaian dan Tantangan', Rabu, 14 Oktober 2020.

    Menurut dia, jika vaksinasi tidak memungkinkan, pengambil kebijakan disarankan menunda pemungutan suara hingga Juni 2020. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan regulasi penyelenggaraan pesta demokrasi tingkat daerah di tengah pandemi.

    "Dengan demikian kita bisa membuat pilkada itu sehat bagi otonomi daerah," ungkap dia.

    Dia menyebutkan kedua usulan tersebut disampaikan untuk memastikan keamanan pemilih. Dengan begitu, pemilih tak khawatir untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

    "Pilkada itu pesta demokrasi, orang harus nyaman, harus have fun. Bukan lagi susah (khawatir) karena wabah lalu pergi ke bilik suara," ujat dia.

    Sementara itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto baru saja menyelesaikan finalisasi pembelian vaksin covid-19 dari Tiongkok. Rencananya, vaksinasi dimulai November 2020.

    Baca: 100 Juta Vaksin Covid-19 Disediakan AstraZeneca untuk Indonesia di 2021

    Terawan mengatakan persiapan detail program vaksinasi terus dilakukan. Prioritas tahap awal vaksinasi diberikan untuk petugas di garis terdepan penanganan covid-19.

    "Yaitu medis dan paramedis, pelayanan publik, TNI/Polri, dan seluruh tenaga pendidik," kata Terawan dalam keterangan tertulis, Senin, 12 Oktober 2020.

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id