KPU Uji Publik 2 Revisi PKPU Besok

    Anggi Tondi Martaon - 29 Oktober 2020 14:33 WIB
    KPU Uji Publik 2 Revisi PKPU Besok
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyusun aturan main tahapan pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Rencananya, kedua Peraturan KPU (PKPU) itu memasuki tahapan uji publik.

    "Terhadap kedua rancangan perubahan PKPU tersebut, besok, Jumat (30 Oktober 2030) akan dilakukan uji publik," kata Komisioner KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi kepada Medcom.id, Kamis, 29 Oktober 2020.

    Mantan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bali ini menyampaikan proses uji publik besok sama dengan sebelumnya. KPU mengundang pihak terkait membedah aturan main tahapan pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara. 

    Pihak yang diundang, kata dia, meliputi partai politik, pemerintah, Bawaslu, pemerhati pemilu, dan pihak terkait lainnya. Dewa menyebut proses uji publik akan dilakukan secara terbuka. Berbagai pihak bisa mengikuti secara daring.

    "Jadi silakan saja nanti (masyarakat dan wartawan) mengikutinya," ujar dia.

    Aturan main pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara mengalami beberapa perubahan. Hal itu dipengaruhi pandemi covid-19 dan penerapan sejumlah pembaharuan.

    Perubahan yang paling drastis terlihat pada pemungutan dan penghitungan suara. Sebab, harus mengakomodasi ketentuan penerapan protokol kesehatan. 

    Beberapa perubahan yang sebelumnya mengemuka yakni waktu pemilihan, pengaturan kedatangan pemilih, teknis tempat pemungutan suara (TPS) dan pencoblosan, dan lain sebagainya.

    Baca: Penggunaan Suket Dimasukkan Dalam Perubahan PKPU

    Selain itu, salah satu hal baru yang akan dimasukkan dalam PKPU Pemungutan dan Penghitungan suara yaitu pemberlakuan surat keterangan (suket) bagi pemilih yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Sebab, sebanyak 22,7 juta pemilih yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) belum memiliki KTP-el.

    KPU rencananya menerapkan rekapitulasi elektronik (e-Rekap) pada Pilkada 2020. Berbagai persiapan dan simulasi telah dilakukan.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id