Ali Mujahidin-Firman Mutakin Janji Perkuat Peran Pondok Pesantren dan Mandrasah

    Cindy - 28 November 2020 18:03 WIB
    Ali Mujahidin-Firman Mutakin Janji Perkuat Peran Pondok Pesantren dan Mandrasah
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Calon Wali Kota Cilegon Nomor Urut 1 Ali Mujahidin dan wakilnya Firman Mutakin akan memperkuat peran pondok pesantren dan madrasah sebagai benteng pertahanan akhlak dan adab generasi. Menurutnya, peran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di Cilegon saat ini belum menyentuh sektor keagamaan itu.

    "Kami siap untuk memperkuat pondok pesantren dan madrasah dengan peran serta APBD dari pemerintah daerah," kata Ali dalam Debat Kedua Pilwalkot Cilegon 2020 yang disiarkan di Metro TV, Sabtu, 28 November 2020.

    Peran pesantren dan madrasah amat penting untuk menanamkan akidah (iman), mengajarkan tata cara ibadah mulai dari bab thoharoh (bersuci), salat sampai salam, dan mendoakan orang tua. Selain itu, peran pesantren utamanya mengajarkan akhlak dan adab kepada anak-anak.

    Menurut Ali, penguatan benteng moral dan iman juga harus dilakukan di masjid-masjid di Kota Cilegon. Dia mencontohkan ada salah satu masjid di Cilegon yang berseberangan dengan tempat hiburan dan berpotensi memengaruhi budaya islam di Cilegon.

    "Maka, perlu ada perhatian pemerintah terhadap masjid a\gar memproteksi akulturasi budaya. Sehingga masjid di Cilegon itu betul-betul menjadi benteng pertahanan akhlak dan Akidah," ujar Ali.

    Baca: Bangun Smart City, Ratu Ati Marliati-Sokhidin Sebar 470 Titik Wifi

    Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon diikuti empat pasangan calon. Yakni pasangan calon dengan nomor urut 1, Ali Mujahidin-Firman Mutakin dari jalur perseorangan. Nomor urut 2, Ratu Ati Marliati-Sokhidin diusung Golkar, Gerindra, NasDem, dan PKB.

    Sementara nomor urut 3, Iye Iman Rohiman-Awab diusung PAN, PPP, dan Demokrat. Dan nomor urut 4, Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta diusung Berkarya dan PKS.

    Debat publik ini merupakan sesi kedua dari rangkaian debat yang diselenggarakan KPUD Cilegon. Debat putaran kedua ini hasil kerja sama KPUD Cilegon dengan Metro TV. Debat kedua mengangkat tema terkait pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat Kota Cilegon.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id