PDIP Ngotot Pilkada 2020 Dilanjutkan

    Media Indonesia.com - 20 September 2020 18:40 WIB
    PDIP Ngotot Pilkada 2020 Dilanjutkan
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan sikap partainya terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Pesta demokrasi di 270 daerah itu harus tetap dilanjutkan.  Menurut dia, penundaan pilkada akan melahirkan banyak pelaksana tugas (Plt) yang lemah dari sisi legitimasi.

    "Penundaan pilkada di tengah pandemi akan menciptakan ketidakpastian baru. Mengingat kepala daerah akan berakhir pada Februari 2021," kata Hasto dalam acara Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) DPC PDI Perjuangan Surabaya melalui keterangan resmi, Minggu, 20 September 2020.

    Baca: PBNU Desak Penundaan Pilkada 2020

    Menurut dia, lahirnya banyak Plt kepala daerah memperparah keadaan krisis. Sebab tak ada pengambil kebijakan yang memiliki legitimasi dan legalitas kuat dari rakyat. 

    "Maka Pilkada 2020 justru memberikan kepastian agar adanya pemimpin yang kuat, adanya pemimpin-pemimpin yang punya program pencegahan covid-19 yang kemudian dipilih rakyat," kata dia.

    Hasto memastikan pemimpin terpilih menyerap aspirasi rakyat. Artinya, kepala daerah digembleng proses yang ketat dan diseleksi langsung oleh rakyat sebagai kuasa tertinggi dalam iklim demokrasi.

    "Mereka calon pemimpin akan memahami betul seluruh skala prioritas untuk rakyat yang tengah menghadapi pandemi. Justru ketika pilkada itu tidak ditunda, itu akan memberikan arah kepastian bagi rakyat," kata dia.

    (Cahya Mulyana)

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id