KPU: Tak Ada Petugas Pemilu Terpapar Covid-19

    Kautsar Widya Prabowo - 06 Oktober 2020 17:25 WIB
    KPU: Tak Ada Petugas Pemilu Terpapar Covid-19
    Plh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
    Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan 298.558 petugas pemuktahiran data pemilih (PPDP) tidak ada yang terpapar virus korona (covid-19) sepanjang tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Seluruh petugas telah dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) dalam menjalankan tugasnya.  

    "Saat ini kami belum (dan) tidak menerima laporan petugas kami terpapar covid-19. Kami bisa pastikan 100 persen petugas kami tak terpapar covid-19," ujar Pelaksana harian (Plh) Ketua KPU Ilham Saptura dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Catatan Sipil 2020 secara virtual, Selasa, 6 Oktober 2020.

    Ilham menyebut anggaran tambahan dari Kementerian Keuangan dimanfaatkan sebaik-baiknya di tiap tahapan pos anggaran. Salah satunya, kebutuhan APD bagi petugas. Anggaran ini sangat bermanfaat karena tak semua daerah penyelenggara pilkada dapat memenuhi kebutuhan APD petugas KPU.

    Baca: Bawaslu Diminta Lebih Tegas Terapkan Sanksi Pelanggar Kampanye

    Penggunaan APD telah menjadi protokol tetap KPU sejak tahapan verifikasi faktual syarat dukungan calon perseorangan. Petugas melakukan pendataan dari satu pintu ke pintu lainya dengan menerapkan protokol kesehatan.

    "Petugas kami pertama (menggunakan)  masker, kedua faceshield, ketiga kami lengkapi sarung tangan, dan juga alat tulis tersendiri untuk membuat catatan," tutur Ilham.

    Hal serupa juga diterapkan pada tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih tetap (DPT). Pendataan DPT dilakukan petugas dilakukan di teras rumah dengan menjaga jarak.

    "Ini dedikasi petugas kami melakukan coklit untuk dapatkan DPT akurat," jelas dia.

    (SUR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id