Masyarakat Diminta Pelototi Pemungutan Suara Ulang

    Fachri Audhia Hafiez - 22 April 2021 10:28 WIB
    Masyarakat Diminta Pelototi Pemungutan Suara Ulang
    Ketua Bawaslu Abhan/Medcom.id.



    Jakarta: Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan meminta masyarakat melapor jika menemukan kecurangan dalam pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU). Hal itu disampaikan Abhan saat meninjau pelaksanaan PSU Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu, Riau.

    "Masyarakat bisa melapor kepada pengawas tempat pemungutan suara (TPS), panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan, maupun Bawaslu kabupaten. Semua ada mekanismenya, jangan anarkis. Kita selesaikan sesuai dengan peraturan yang berlaku," ujar Abhan dalam keterangan tertulis, Kamis, 22 April 2021.






    Abhan berharap PSU dapat berjalan optimal. Sehingga, dapat melahirkan pemimpin untuk segera membangun wilayah serta menyejahterakan masyarakatnya.

    Di sisi lain, Abhan menyebut protokol kesehatan harus ditaati semua pihak dalam pelaksanaan PSU. Di samping itu, dia mengapresiasi antusiame masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam PSU meski tengah berpuasa.

    Baca: Uji Materi UU KPK Dilanjutkan Setelah Sengketa Pilkada Rampung

    "Saya bahagia melihat antusias masyarakat di 25 TPS yang berada di wilayah perusahaan perkebunan. Semuanya telah mematuhi protokol kesehatan," ujar Abhan.

    Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu 2020 melaksanakan PSU di 25 TPS. Perintah pelaksanaan PSU terkait mobilisasi pemilih di 25 TPS tersebut. Selain itu, adanya proses pemungutan yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Terdapat 3.580 pemilih di 25 TPS yang terdiri atas 1.876 pemilih laki-laki dan 1.704 perempuan. Suara dari ribuan pemilih diperebutkan pasangan calon Sukiman-Indra Gunawan dan Hafith Syukri-Erisal. Pada Pilkada Serentak 2020 di Rokan Hulu, kedua pasangan bersaing ketat dengan selisih suara 2.148.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id