KPPS Bakal Atur Waktu Pemilih Datang ke TPS

    Kautsar Widya Prabowo - 26 November 2020 10:20 WIB
    KPPS Bakal Atur Waktu Pemilih Datang ke TPS
    Ilustrasi pemilih diberi tanda telah menggunakan hak suara di TPS. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
    Jakarta: Waktu pemilih datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 bakal diatur. Pengaturan waktu kedatangan untuk mencegah kerumunan di TPS.

    "Prinsipnya pengguna hak pilih bisa dari pukul 07.00-13.00. Dalam rentang waktu itu, diatur jam berapa sampai jam berapa pemilih hadir," ujar Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) I Dewa Raka Sandi kepada Medcom.id, Kamis, 26 November 2020.

    Pengaturan waktu akan tertera dalam surat C Pemberitahuan KWK yang berfungsi sebagai undangan untuk pemilih menggunakan hak suara. Pengaturan waktu akan diserahkan sepenuhnya kepada KPPS.

    Baca: 31 Hoaks Terkait Pilkada Berkeliaran di Dunia Maya

    Kewenangan diberikan kepada KPPS karena harus mempertimbangkan beberapa faktor lapangan. Misalnya, jarak tempuh pemilih ke TPS. Pengaturan waktu tidak dapat diseragamkan di karena TPS juga memiliki jumlah pemilih beragam.

    "Pengaturan waktu untuk di TPS dengan pemilih 350 berbeda dengan pemilih 450. Jadi kalau terlalu teknis, mereka (KPPS) bisa dianggap melanggar (aturan)," jelas Raka Sandi.

    KPU melalui KPPS akan terus melakukan meyosialisasikan pengaturan waktu pemilihan. Sosialisasi dilakukan saat petugas KPPS memberikan surat C Pemberitahuan KWK kepada pemilih.

    "Nanti teknisnya (surat C Pemberitahuan KWK) dibawa dari rumah ke rumah dan ada tanda terimannya. Bukan hanya lewat pengumuman," terang Raka Sandi.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id