Dua Skema Persidangan Pelanggaran Pilkada 2020

    Theofilus Ifan Sucipto - 22 Juni 2020 22:25 WIB
    Dua Skema Persidangan Pelanggaran Pilkada 2020
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tetap membuka sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran administrasi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Sidang bakal digelar dalam dua skema.

    “Sidang pemeriksaan secara tatap muka yang disesuaikan dengan protokol kesehatan atau sidang secara daring untuk memininalisasi kontak fisik” kata Koordinator Bidang Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu, Fritz Edward Siregar, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin, 22 Juni 2020.

    Dalam sidang tatap muka, kata Fritz, protokol kesehatan bakal diterapkan dengan ketat. Caranya, hadirin yang terdiri dari majelis pemeriksa, pelapor, terlapor, pihak terkait, saksi, dan ahli harus  menggunakan alat pelindung diri yaitu masker.

    “Sekretariat bawaslu provinsi mengecek suhu tubuh setiap orang yang akan masuk ke ruang sidang,” ujar Fritz.

    Fritz menyebut sekretariat bawaslu provinsi juga wajib menyediakan fasilitas sanitasi. Sekurang-kurangnya harus terdapat alat pencuci tangan, disinfektan, dan sarung tangan sekali pakai.

    Sekretariat bawaslu provinsi, kata Fritz, juga harus membuat aturan pembatasan pengisian ruangan. Mereka perlu memastikan jarak antarorang paling sedikit satu meter.

    Para pelapor, terlapor, saksi, dan atau ahli diminta membawa alat tulis sendiri. Barang bukti yang dibawa oleh pelapor dan terlapor juga harus dibungkus dengan plastik atau bahan antiair.

    “Jika tidak memungkinkan pertemuan tatap muka, sidang bisa dilakukan secara daring,” tutur Fritz.

    Baca: ODP dan PDP Tidak Diperkenankan Nyoblos di TPS

    Dia menjelaskan majelis pemeriksa, para pihak, dan pengunjung harus menggunakan pakaian yang sopan, rapi, dan sesuai tata tertib sidang. Bawaslu provinsi, pelapor, dan terlapor diminta menyiapkan sarana dan prasarana pendukung.

    “Dengan memastikan kesiapan dan kesediaan sarana dan prasarana pendukung seperti televisi, jaringan internet yang stabil, dan perangkat lunak pendukung,” ucap Fritz.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id