KPU Beri Perlakuan Khusus Membungkus Berkas Pilkada

    Anggi Tondi Martaon - 22 Juni 2020 15:15 WIB
    KPU Beri Perlakuan Khusus Membungkus Berkas Pilkada
    Ketua KPU Arief Budiman. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
    Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerapkan aturan khusus untuk kegiatan penyampaian atau penyerahan dokumen. Ini untuk meminimalkan penyebaran virus korona (covid-19) melalui berkas penyelenggaraan pilkada.

    "Pada intinya sebelum berkas diserahkan kami berharap berkas-berkas itu sudah dalam kondisi  steril," kata Ketua KPU Arief Budiman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 22 Juni 2020.

    Arief menuturkan, dalam Peraturan KPU (PKPU) Penerapan Protokol Kesehatan Pilkada, dokumen harus dibungkus dengan bahan yang tahan terhadap cairan. Dokumen juga harus disemprot disinfektan sebelum diserahkan.

    Petugas yang menerima dokumen juga diwajibkan menggunakan alat pelindung diri (APD). Minimal, petugas mengenakan masker dan sarung tangan sekali pakai.

    Jumlah orang dalam ruangan juga dibatasi. Ketentuan ini untuk menghindari penumpukan orang dalam jumlah banyak saat menyerahkan dokumen.

    (Baca: Ketentuan Penyelenggaraan Pilkada yang Melibatkan Banyak Orang)

    "Pihak yang tidak berkepentingan dengan penyerahan berkas dokumen dan atau perlengkapan secara fisik termasuk tim pendukung dilarang hadir atau berkerumun di tempat penyerahan berkas dokumen," ungkap dia.

    Penyampaian dokumen harus menerapkan sistem antrean. Petugas bakal mengarahkan pihak yang menyerahkan dokumen menunggu di luar ruangan bila antrean di dalam ruangan sudah penuh.

    "Atau di ruangan yang terpisah, dengan memperhatikan jarak aman paling kurang satu meter," papar dia.

    Pihak yang menyerahkan dokumen diwajibkan membawa alat tulis sendiri. Pemberi dan penerima juga tidak diperkenankan berjabatan tangan sebelum atau sesudah penyerahan dokumen.

    Selain itu, tempat penyerahan dokumen juga harus dilengkapi sarana sanitasi yang memadai. Setidaknya, fasilitas cuci tangan dan antiseptik berbasis alkohol.

    "Ruangan tempat kegiatan dan perlengkapan yang digunakan dipastikan kebersihannya," ujar Arief.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id