Risma Dilaporkan ke Bawaslu Lagi

    Antara - 24 Oktober 2020 10:47 WIB
    Risma Dilaporkan ke Bawaslu Lagi
    Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini -- MI/M Irfan
    Surabaya: DPD Kongres Advokat Indonesia (KAI) Jawa Timur melaporkan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, terkait dugaan pelanggaran kampanye. Risma dilaporkan ke Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dan Badan Pengawas Pemilu.

    "Wali Kota menyuruh warga memilih cawali Eri Cahyadi dan menjelekkan cawali lainya. Padahal kampanye itu tidak ada izinnya," kata Ketua DPD KAI Jatim, Abdul Malik di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 24 Oktober 2020. 

    Malik menilai, kampanye daring bertema "Roadshow Online Berenerji" yang dilakukan Risma pada Minggu, 18 Oktober 2020, melanggar PKPU dan sejumlah aturan lain. Perihal klaim Risma sudah mengantongi izin dari Gubernur Jatim untuk melakukan kampanye, Malik menegaskan, hal itu layak dipertanyakan.

    Berdasarkan informasi yang didapatkan Malik, izin kampanye Risma hanya untuk tanggal 10 November. Dia menyebut Risma berbohong saat kampanye tersebut.

    Baca: Video Risma 'Titipkan' Eri Cahyadi Beredar Luas

    "Dalam kampanye daring itu Risma juga bohong menyebut Eri sebagai anaknya. Saya ini praktisi hukum, Eri bukan dilahirkan Risma," teranganya.

    Malik menegaskan pelanggaran yang dilakukan Risma pada 18 Oktober adalah pelanggaran berat. Dia menekankan, harusnya Risma kena pidana kurungan dan denda, seperti yang dialami lurah di Mojokerto Suhartono karena menyambut Cawapres Sandiaga Uno pada Pilpres lalu.

    "Kalau Risma beralasan kampanye yang dia lakukan di hari Minggu, Suhartono juga kena pidana pemilu karena ikut menyambut Sandiaga Uno di hari Minggu. Kebetulan saya pengacara Suhartono dalam menghadapi proses hukum pidana pemilu itu. Jadi sudah ada yurisprudensi-nya, bahwa Risma melakukan pelanggaran berat dan bisa kena hukuman penjara," terangnya.

    Baca: Risma Diklaim Telah Ajukan Cuti Kampanye
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id